Senin, 16 Juli 2018

Review Film RASUK (Kecemburuan dan Kebencian berlebihan yang menyesatkan)

Review Film RASUK (Kecemburuan dan Kebencian berlebihan yang menyesatkan)
Holla.. Beberapa hari yang lalu saya dapat traktiran nonton gratis dari kakak baik hati yang haram untuk dikatakan "terlalu baik", hahahaa. Dia udah saya anggap seperti kakak saya sendiri. Kalau saya ceritakan panjang lebar, laman ini tidak akan muat untuk menampung tulisan tentang kebaikan yang diberikan ke saya. Yaaa memang dia baik sih orangnya, ke semua orang pun dia juga baik kok. 
Jadi ceritanya, kali ini saya mau review film untuk yang kedua kali. Udah baca kan review pertama saya mengenai drama korea Discovery Of Love? Kalau belom silahkan klik link dibawah ini. Saya jamin kalian nggak bakal nyesel baca ini review. Apalagi yang lagi galau kedatangan babang mantan. Heuheuheuu.
Review Drama Korea Discovery Of Love (Balikan sama mantan.? Boleh.)
Review film kedua dari saya kali ini adalah tentang film layar lebar bergenre horor yang masih anget-angetnya rilis. Dan yang itu tuhhh, saya bilang diatas, saya tonton pas dapat traktiran nonton gratis dari kakak baik hati + tidak sombong (Udah baiknya kek gitu, disia-siain pula sama pacarnya). Haha. Oke, jadi ceritanya Film yang saya review ini berjudul RASUK. Duh, sekilas dari judulnya aja udah terasa banget kesan mistisnya ya. Singkat, padat tapi horor (Bak kisah cinta sama gebetan, wkwkk). Film ini diangkat dari kisah fiktif novel yang ditulis oleh penulis BestSeller Risa Saraswati, jadi masih saudaraan sama ceritanya DANUR. Uniknya, Teteh Risa ini selalu berkarya mengenai tulisan yang ada kesan mistisnya. Ada cerita tersendiri dibalik karya-karya perempuan tangguh ini, semoga saja saya bisa meniru jejaknya (aamiin). Maksudnya jejak sebagai penulis yang profesional, bukan jejak berteman dengan makhluk dari dimensi lain. Masyaalloh, Hayati lihat mantan aja udah serem yang sama-sama manusianya, apalagi harus lihat makhluk dari dimensi lain. Naujubillah.

Langsung aja pada intinya. Tokoh utama dari cerita Film RASUK ini adalah Langgir Janaka yang dibintangi oleh Sandi Aulia. Awalnya Langgir terlahir dari keluarga yang bahagia, bersama ayah dan ibunya. Namun suatu ketika, saat Langgir masih kecil insiden naas awal dari semua permasalahan terjadi. Ayah Langgir meninggal kecelakaan tepat di depan Mata Langgir kecil. Langgir merasa ketidakadilan menimpa dirinya. Ayahnya yang meninggal, dan dia yang disalahkan oleh ibunya atas meninggalnya ayahnya. Bahkan sampai Langgir menginjak dewasa, ibunya menikah lagi, perselisihan diantara ibu dan anak itu tidak pernah surut. Keduanya selalu bersitegang. Hal itulah yang membuat Langgir membenci ibu, ayah tirinya, bahkan Bakula Borneo kecil, adik tiri Langgir yang tidak tau apa-apa.
Review Film RASUK (Kecemburuan dan Kebencian berlebihan yang menyesatkan)
Bagian Prolog Film di Gunung Papandayan
Kebencian Langgir tidak hanya berhenti pada ibu dan keluarganya saja. Langgir memiliki tiga sahabat bernama Sekar Tanjung, Fransisca Inggrid, dan Lintang Kasih. Keempat sahabat itu mengklaim nama persahabatan mereka Putri Sejagad. Kebencian yang bersemi dari dalam keluarga Langgir itupun semakin bertumbuh besar didalam persahabatan Langgir. Langgir merasa hidup ketiga sahabatnya sangatlah sempurna, berbanding terbalik dengan hidup dia. Hal itulah yang memicu keirian Langgir dan memperbesar kebenciannya. Namun diluar hal itu, Langgir memiliki satu teman dekat pria yang bernama Abimanyu. Abimanyu, sosok pria yang berparas tampan, manly dan terkesan badboy itu satu-satunya orang yang menjadi tumpahan keluh kesah langgir selama ini. Kedekatan yang intens diantara Langgir dan Abimanyu memicu tumbuhnya perasaan ingin memiliki lebih dari kata teman dekat pada diri Langgir (Fix terbukti, nggak kenyataan, nggak per-film-an atau per-novelan, yang namanya persahabatan antara cewek dan cowok itu nggak ada yang namanya murni sahabat. Pastinya salah satu akan terjebak dalam Friendzone). Tetapi apalah daya perasaan langgir yang hanya bisa dipendam di dalam hati, karena sikap cuek dan dingin Abimanyu.
Review Film RASUK (Kecemburuan dan Kebencian berlebihan yang menyesatkan)
Putri Sejagad
Pada suatu ketika, Putri Sejagad memiliki rencana berlibur di sebuah Villa bernama Karma Rinjani. Villa Karma Rinjani adalah Villa project bisnis Paman Lintang yang baru saja selesai proses pembangunannya (sebuah Villa di tengah belantara, terpencil dan terkenal angker). Awalnya Langgir tidak setuju untuk ikut dalam rombongan berlibur itu. Rupanya ketika sampai di rumah, terjadi konflik yang menegang diantara Langgir dan ibunya. Akhirnya Langgir memutuskan ikut berlibur ke Villa Karma Rinjani bersama rombongan Putri Sejagad.(Hikmah kentara yang dapat dipetik dari bagian ini adalah: ada baiknya ketika hati sedang gundah, risau dan bermasalah, terlebih permasalahan ada pada keluarga, kita tahan dulu keinginan untuk meninggalkan rumah hanya sekedar untuk mencari pelampiasan. Karena kepergian dengan kekecewaan dan kebencian justru tidak akan menyelesaikan masalah itu. Alih-alih bisa saja menambah masalah)

Perjalanan liburan yang seharusnya menyenangkan ini justru berubah menjadi ujian bagi keempat sahabat ini. Bermula dari awal perjalanan dimana mereka tersesat yang hanya berjalan memutar-mutar mengelilingi belantara. Lalu setelah lelah berjalan, mereka bertemu dengan seorang perempuan yang cantiknya warbiasah banget. Perempuan yang mengenalkan dirinya bernama Kumala Sari dengan pakaian kebaya putih, bertapih jarit dan berjilbab putih pula. Kemunculan Kumala Sari yang tiba-tiba sukses bikin berdebar keempat sahabat itu, pun saya sendiri sebagai penonton. Bagaimana tidak? Bebarengan dengan munculnya Kumala sari, diputarkan sound pengiring ala-ala, khas film horor yang bisa saja membuat orang punya riwayat jantung langsung kambuh. Hehehee. Ditambah Mbak Kumala Sari yang suaranya mendayu-ndayu lembut, mengatakan bahwa dia tidak punya teman dan tinggal di hutan itu sendirian (Hati-hati yang suka trutusan di gunung, semoga tidak bertemu sama Mbak Kumala Sari. Aamiin. Hehehe). Mbak Kumala Sari ini awalnya baik hati, karena mau menjadi penunjuk jalan untuk Putri Sejagad yang tersesat di Hutan dan mengantarkannya ke Villa Karma Rinjani. Iya, masih awalnya loo ya. Orang yang baik di awal belum tentu baik seterusnya dibelakang. Siapa tau itu hanya pencitraan belaka. Wkwkwkk. Tapi lebih baik kita khusnudzon dulu, entah dibelakang baik terus atau berubah jahat, itu urusannya dengan Sang Pencipta. Fix, abaikan ocehan nggak jelas saya.
Review Film RASUK (Kecemburuan dan Kebencian berlebihan yang menyesatkan)
Si Hantu Cantik Kumalasari
Singkat cerita, Kumala Sari adalah Gadis Ayu anak seorang pertapa di suatu desa dekat Villa Karma Rinjani. Kumala Sari meninggal akibat bunuh diri setelah diperkosa oleh salah satu pekerja bangunan Villa Kumala Sari. Saking keinginan Bapak Petapa itu untuk menghidupkan Kumalasari, Bapak Pertapa itu membangkitkan arwah Kumala Sari untuk memilih jasad seseorang yang cocok untuk ditinggali. Baru bisa ngeh dan bisa menangkap isi cerita kenpa berjudul Rasuk ketika sudah memasuki tahap tengah-tengah cerita. Menurut saya, untuk ukuran seorang hantu perempuan, Kumala Sari ini tidak terlalu menakutkan yaa. Hmmm kurang bikin greget kesan menegangkannya. Yang lebih lucu lagi, ketika hantunya muncul itu seluruh permukaan wajahnya di block dengan make-up berwarna putih tebal, jadi tampak sekilas seperti badut. Meskipun sebenarnya saya juga merem-melek ketika menontonnya.

Kembali ke Putri Sejagad. Setibanya di Villa Karma Rinjani, tiba-tiba Abimanyu sudah berada di dalam Villa tersebut. Dan puncak permasalahannya ketika Inggrid mengutarakan bahwa kedatangan Abimanyu atas undangannya, karena Abimanyu dan Inggrid telah resmi berpacaran. Langgir marah, Langgir kecewa, dan Langgir memutuskan untuk keluar dari Villa. (Hikmah kedua yang sangat kentara juga, kalau saya berada di posisi Langgir saat itu, ya sudahlah yaa mau diapain lagi jika memang abimanyu memutuskan berpacaran dengan Inggrid yang Notabene nya adalah sahabat Langgir. Salah Langgir juga kalau cinta nggak mau mengungkapkan. Gengsi? Bukankah sekarang sudah tercetus emansipasi wanita, kita berhak juga dong mengutarakan apa yang terpendam dalam perasaan kita, tanpa harus menunggu pria yang memulai. Kalaupun ditolak, yang penting sudah mengungkapkan, dan kita bisa berteman lebih baik lagi. Bodoo Amat mah kalau gua, haha, Ketawa Setannya Kumala Sari).
Review Film RASUK (Kecemburuan dan Kebencian berlebihan yang menyesatkan)
Inggrid, Abimanyu, Langgir
di Villa Karma Rinjani
Oke, setelah kepergian langgir dari Villa Karma Rinjani. Satu per-satu Peristiwa Terjadi. Arwah Kumala Sari mulai ugal-ugallan, merasuk ke dalam raga Inggrid yang pertama kalinya, dan kemudian merasuki raga Lintang. Hanya Sekar saja yang tidak dirasuki oleh arwah Kumala sari. Kalian harus tau! Sekar ini adalah pemeran andalan aing, wanita tangguh, pesilat, dan pengertian sama temannya. Bahkan Sekar ini juga yang berhasil membebaskan Ibu Kumala Sari yang ditawan oleh Bapak Pertapa jahat (Bapaknya Kumala Sari) dengan bertarung melawan Bapak Pertapa Edan itu. Adegan Favorit saya banget saat melihat petarungan Sekar ini. Sekar dengan tangguhnya melawan bapak pertapa yang katanya sakti lalu berhasil membunuhnya (Bagian terhoror dari jiwa Sekar menurut saya, karena membunuhnya dengan menusukkan pisau tepat ke salah satu mata Bapak Pertapa itu. Keren sih keren, bisa melindungi dirinya. Tapi kok tega yaa. Udah namanya juga film).
Review Film RASUK (Kecemburuan dan Kebencian berlebihan yang menyesatkan)
Sekar Tanjung, Tokoh Pemeran
Andalan Aing.
Mendekati akhir cerita, Raga Langgir memanglah diincar oleh Bapak Kumalasari untuk dirasuki arwah Kumalasari. Kenapa dipilih jasad Langgir? Disebutkan dalam dialog antara Bapak Kumalasari dan Kumalasari bahwa Raga yang jiwanya penuh kebencian dan dendam itulah yang bagus untuk ditinggali arwah gentayangan seperti arwah Kumalasari (Asli, saya ngeri banget bagian ini. Sambil berdoa, semoga saya terhindar dari perasaan benci yang berlebihan, apalagi dendam sama mantan). Benar-benar tersirat banget pesannya pas bagian ini. Inilah kenapa kita sebagai manusia diwajibkan untuk saling maaf-memaafkan dan tidak boleh menimbun kebencian dalam hati? Karena Kebencian yang berlebihan bisa menyesatkan, bukan malah menyelesaikan segala permasalahan.
Review Film RASUK (Kecemburuan dan Kebencian berlebihan yang menyesatkan)
Ketika Langgir Kerasukan
Lanjutt ke cerita Langgir yang menurut saya terkesan terburu-buru. Langgir mayak banget nih jadi orang ketika dia dirasuki Arwahnya Kumala Sari. Mendadak Sakti saja. Hehhe. Lha wong tiba-tiba saja si Langgir mengergaji dengan mesin kepala orang yang mau membeli rumahnya sampai darahnya muncrat, tumpah ruah. Sumpah, ini merupakan bagian terngawur menurut saya, harap maklum, namanya juga film, nggak bisa disangkut pautkan dengan kerealistisan hidup. Kalau dipikir salah apa coba orang yang mau membeli rumah dia? Yang salah kan ibunya kalaupun rumah itu jadi dijual. Tidak berhenti disitu, saking saktinya, Suddenly tiba-tiba Langgir sudah berada di rumahnya sendiri untuk membunuh ibu, ayah dan Bakula. Untung saja penulis filmnya dengan gesit mengatur jalan cerita segera menghadirkan Pak Ustad dan Teman-teman Langgir untuk datang ke Rumah Langgir. Dan penyelesaian cerita, Si Arwah Kumalasari dibacakan ayat-ayat Alqur'an oleh pak Ustad, disusul ucapan Ibu Kumalasari yang mengikhlaskan Kumalasari untuk pergi ke alamnya dengan tenang. Selepas kepergian Kumalasari, Langgir masih saja pingsan. Semua teman-temannya memanggil Langgir supaya Langgir segera siuman, karena orang yang pingsan apalagi baru kerasukan, jiwanya bertamasya kemana-mana, takutnya kalau tersesat dan tak tau arah jalan pulang. Hehehee.

Akhir cerita................... Setelah siuman, Langgir memanggil ibunya dan meminta maaf kepada ibunya, lalu kesadaran Langgir bersemi, ia mulai menerima keberadaan ayah tirinya, diawali dengan memanggil ayah tirinya "abah" , kemudian mencari Bakula Borneo menggendongnya dengan penuh kasih sayang. Bukan hanya bermaaf-maafan dengan keluarganya, Langgir juga bermaaf-maafan dengan sahabat-sahabatnya, berpelukan sambil tangis-tangisan khas perfilm-an (Masih dalam suasana Lebaran wooi). Putri Sejagad harus sama-sama sampai tua, itulah motto persahabatan mereka.

Artikel ini saya tulis berdasarkan sudut pandang saya pribadi setelah nonton film-nya. Untuk kejelasannya, alangkah lebih baik kalian nonton sendiri aja. Jangan lupa ajak temen, biar nggak kayak uji nyali. Hidupmu udah horor karna sendiri terus mbloo, mau tambah horor akibat lihat film horor sendirian? Plissss jangan.
Salam sayang dari Mince Blog Tri Wahyuni.

Ada satu lagi pesan tersurat dari Film RASUK dimana menurut saya dan kakak baik hati yang suka berkegiatan outdoor ini membuat kita saling mengiyakan, yaitu Tentang pesan Abah Langgir yang menyarankan Langgir untuk naik gunung jika tidak menemukan seseorang untuk diajak bicara. Karena dengan naik gunung alam dan pepohonan akan menyuarakan isi hati serta keinginan kita. Mungkin maksudnya Abah Langgir adalah Taddabur Alam, mendekatkan diri kepada alam untuk lebih dekat dengan Sang Pencipta. Sukaaa banget pas bagian kalimat ini.

Hmmmm (Keselek Hape). Bonusnya, mince kasih poto mince sama kakak baik hati dan tidak sombong ini. Heuheuheuu. Kakaknya Jomblo berkelas loo, yang berminat mau pendekatan atau mau jadi istrinya bolehlah hubungi mince di kontak mince yang tertera di sini >>>> Contact. Wkwkk (Iklan woooiii, barangkali ada yang minat sama kakaknya. Minat sama mince juga boleh. Ehh ngarep. Hahaha. Single-Fighter mah bebas).
Review Film RASUK (Kecemburuan dan Kebencian berlebihan yang menyesatkan)



EmoticonEmoticon