Jumat, 27 Juli 2018

19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu

19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Holla bunda-bunda ketje diluar sana. Ada kabar gembira nih buat para bunda yang hobby cooking ataupun baking. Saya datang membawa pencerahan (ahayy) dengan menghadirkan aneka resep berbahan ubi ungu. Tau kan ubi ungu? Yaaa tau lahhh, secara makanan yang banyak menjadi kegemaran dan menemani waktu kita bersantai dengan disandingkan secangkir teh. Nahhhhhh, biar nggak bosen cuma makan ubi ungu kukus atau goreng ajee, saya punya inisiatif mengumpulkan beberapa resep yang saya dapat dari hasil stalking ketika nggak bisa tidur semalam. Hahahaaa. Ada gunanya juga nih nggak bisa tidur, bisa membawa inspirasi.

Hmmmm, namun jangan tanya "mimin sudah praktek apa belom?" .Yang pasti belomm dong, heheee. Ya kalii mau praktek, orang ini aja dapetnya baru semalam. Boro-boro mau praktek, selesai aku tulis lalu aku posting aja Alhamdullillahhh. Jadi, ini sengaja saya rangkum dan saya tulis di blog (tanpa menghilangkan akun sumber resep yang telah saya ambil ini), dengan tujuan agar saya sendiri juga mudah jika suatu waktu ingin membuat kudapan dari ubi ungu. Dengan aneka olahan yang bervariasi, tentunya nggak bakal bikin kita bosan dong, apalagi kalau kita punya anak kecil yang juga suka sama ubi ungu. Pasti senang dehh dibuatkan kudapan dari ubi ungu ini.

Yuk langsung simak, apa saja sih aneka resep kudapan dari ubi ungu yang sudah saya rangkum:

1). PUDING UNGU PELANGI
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan:
400 gram ubi ungu, kupas, potong-potong.
3 bks agar- agar merah
1 bks agar- agar putih
Gula secukupnya
Susu secukupnya

Cara :
*Rebus ubi dengan air secukupnya sampai empuk. Haluskan ubinya selagi panas, sisihkan airnya.
*Bagi ubi yg dihaluskan menjadi 6 bagian.
*Lapisan A: 3 bagian ubi dicampur dengan 100 ml susu dan air rebusan ubi, ukur sampai 600ml, tambahkan air bila kurang, tambahkan 1 bks agar-agar merah. Masak sambil diaduk- aduk (diatas api kecil), tambahkan gula secukupnya (sesuai selera), masak sampai mendidih. Tuang ke loyang.
*Lapisan B: 2 bagian ubi dicampur dengan susu sampai 650ml. Tambahkan 1 bks agar- agar merah dan gula secukupnya, masak mendidih sambil diaduk-aduk, segera tuang ke atas lapisan A
*Lapisan C: 1 bagian ubi dicampur dengan susu sampai 700ml, tambahkan 1 bks agar- agar merah dan gula secukupnya. Masak sambil diaduk sampai mendidih, tuang ke atas lapisan B.
*Lapisan D: Susu 700ml campur 1 bks agar-agar putih dan gula secukupnya, didihkan, tuang keatas lapisan C.

2). KLEPON UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan:
200 gram tepung ketan
200 gram ubi unggu
1 sdt garam
100 ml air rebusan ubi unggu
Bahan Taburan
150 gram kelapa parut
1 lembar daun pandan
1/2 sdt garam
Bahan isi
150 gram gula merah
.
Cara:
*Siapkan semua bahan, rebus ubi unggu sampai empuk angkat lalu pisahkan ubi dengan air rebusan (jangan dibuang),gula merah sisir dan sisihkan.
*Hancur kan ubi unggu dengan garpu Lalu tambahkan tepung, garam dan air sisa rebusan tadi secara bertahap aduk sampai semua tercampur rata dan adonan sudah bisa di bentuk atau tidak lengket di tangan.
*Ambil adonan ketan lalu pipihkan di tangan + gula lalu bulatkan.
*Rebus air sampai mendidih,setelah mendidih masukkan klepon sampai mengapung siap di angkat.
*Sementara merebus klepon, di tempat lain kukus kelapa+ garam dan daun pandan kurleb 10 menit.
*Tiriskan,kemudian langsung di balurkan ke kelapa tadi.

3). DADAR GULUNG UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan
200 gr tepung terigu
100 gr Ubi ungu (dikukus)
1 btr telur utuh ( kocok lepas )
1 sdm margarin/butter (cairkan)
500 ml/secukup nya susu cair
1/2 sdt vanila powder
1/2 sdt garam

Bahan Inti :
250 gr kelapa parut
150 gr Gula merah (iris iris)
Gula pasir (sesuai selera)
200 ml air
1 lembar daun pandan (simpulkan)

Cara membuat Isian Inti :
*Didihkan gula merah iris dgn air hingga larut, saring .
*Campur larutan gula merah, gula pasir, daun pandan, garam, kelapa parut, masak sambil di aduk sampai meresap dan sedikit kering, sisihkan .

Cara membuat kulit :
*Blender Ubi ungu dan susu cair hingga halus, campur dengan bahan yang lainnya lalu saring biar adonan nya halus , gak bergerindil.
*Panaskan teflon oleskan dengan sedikit margarin, ambil sesendok sayur adonan, tuangkan ke teflon, buat dadar tipis, masak hingga matang, angkat.
*Lakukan hingga adonan habis.
*Ambil kulit dan isi dengan sesendok isi inti, lipat kanan kiri, gulung
* Sajikan.

4). KUE TALAM UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan A :
- 200 gr ubi ungu kukus, dihaluskan
- 70 gr tepung sagu
- 30 gr tepung beras
- 100 gr gula pasir
- 170 ml santan
- 1/2 sdt garam

Bahan B :
- 175 ml santan kental
- 30 gr tepung beras
- 15 gr tepung kanji / tapioka
- 3/4 sdt garam

Cara membuat : 
*Panaskan kukusan dengan api sedang.
Bahan A : Aduk semua bahan A hingga lembut, Saring.  Tuang ke cetakan kue mangkuk yang sudah dioles minyak sayur hingga 3/4 tinggi cetakan.  Kukus 10 menit.
Bahan B : Campur semua bahan, tuangkan ke atas lapisan bahan A hingga penuh. Kukus lagi 10 menit atau hingga matang.

5). CANDIL UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan:
Ubi ungu 500 gr
Tepung sagu 200 gr
Sedikit air

Saus :
Larutan air sagu 150 gr
Air 2 liter
Gula pasir 250 gr
Pandan dan garam

Kuah santan:
Santan 500 ml
Pandan dan garam

Cara : Ubi dikukus sampe matang dan diancurkan campur dengan tepung sagu dan sedikit air..ulen sampe bisa dibulatkan..rebus dgn air yg mendidih.saring sisihkan

Cara buat santan: Campur semua bahan sampe mendidih dan mengental. Masukkan candil ubi tadi ke dalamnya. Siram saus santan diatasnya.

6). KUE CUCUR UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan:
200 ml air
100 gr gula pasir
125 gr tepung beras
30 gr terigu
1/4 sdt garam
1 lembar pandan, simpulkan
1/2 sendok teh bubuk taro
.
Cara membuat:
1. Masak gula pasir, air dan pandan hingga mendidih. Buang daun pandan biarkan hingga hangat.
2. Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam dalam wadah, tuang air gula. Beri bubuk taro. Aduk menggunakan whisk hingga tercampur rata.
3. Mikser dengan kecepatan rendah selama 5 menit, lalu istirahatkan adonan selama 1,5 jam.
4. Aduk sekali lagi menggunakan whisk sebentar.
5. Tuang satu sendok adonan kedalam minyak panas, goreng hingga keluar sarang/serat balik sebentar lalu angkat. Tiriskan.

7). JALA MANIS UBI UNGU
Bahan:
150 gr tepung terigu
2 butir telur, kocok lepas
260 ml santan (1 kara kecil + air )
1 sdm gula pasir
2 sdm minyak goreng
20 gr margarin, cairkan1/4 sdt garam
Pewarna ungu secukupnya
1/2 vanila bubuk

Bahan isi:
350 gr ubi ungu yang sudah di kukus dan di haluskan
125 gr gula pasir
20 gr margarin
Garam sedikit

Cara membuat isi:
Campur semua bahan, di masak hingga kalis

Cara Membuat Adonan Kulit:
*Campur tepung, gula, garam, aduk rata. Masukkan santan, bergantian dengan telur, minyak, aduk rata, terakhir masukkan margarin cair, beri pewarna ungu secukup nya, aduk hingga halus, lalu saring.
*Masukkan adonan ke dalam botol plastik yang tutup nya di buat lubang
*Panaskan teflon, olesi minyak sedikit. Tuangkan adonan membentuk jala, lakukan sampai habis. Ambil 1 lembar roti jala, beri isi, lipat dan gulung.
*Hias dengan keju parut dan potongan manisan cerry.

8). KUE KHOO UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Dough:
60gr ubi ungu
300gr tepung ketan putih
1 sdm gula pasir
100ml santan
50ml air
Pewarna ungu optional (saya skip).

Bahan isi:
Kacang merah
Santan
Daun pandan
Gula pasir
Minyak
(Saya kira kira aja ini ga pake takaran).

Cara:
1. Haluskan ubi, tambahkan tepung aduk rata lalu masukkan gula, santan dan air untuk cairan, tuang pelan pelan hingga adonan kalis dan bisa dipulung.
2. Beri isian lalu cetak.
3. Panaskan kukusan, kukus kue kurang lebih 10 menit. Oles minyak.
4. Sajikan.

9). BAKMI RASA-RASA (LABU KUNING, UBI UNGU, BAYAM, BUAH BIT)
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan Adonan Bakmi by @shirleyliem:
250 tepung protein garam
¼ sdt garam
95 ml ( 1 btr tlr + air )

Pewarna Alami:
Tambahkan bayam yang diblender, labu kuning yang sudah dikukus, buah bit yg diblender dan ubi ungu kukus yang dihaluskan. Jadi air yg digunakan diresep saya ganti dengan jus bayam dan jus buah bit. Sedangkan untukk labu dan ubi ungu, saya mencampurkan ke dalam tepung dan tetap menambahkan air hingga mencapai tekstur yang pas.

Bahan bumbu bakmi :
1 sdm myk wijen
3 sdm kecap asin
⅛ sdt garam

Cara:
Campur semua bahan adonan hingga rata.
Bagi menjadi 4 dan beri pewarna alami (pemberian air kondisional).
Gilas dengan rolling pin hingga adonan menjadi mulus dan licin sepanjang 25 cm dgn ketebelan +/- 0,2 cm.
Potong dengan pisau dengan lebar +/- 0,2 cm. (Bisa menggunakan alat pembuat mie ).
Sisihkan sebagian adonan utk krupuk.

10). CENIL UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan : 
125 gr ubi ungu kukus yg sudah d haluskan
120 gr tepung tapioka/ kanji
130 ml air panas (bisa d tambah atau kurangi,sesuaikan dg kebutuhan adonan)
garam
Vanilli

Bahan Baluran : 
Kelapa setengah muda (bersihkan kulit arinya, parut, tambahkan garam sedikit kukus 15 menit, dinginkan)

Bahan kinca : 
Gula merah
Air
Daun pandan
Rebus bahan kinca jadi 1, saring.

Cara membuat : 
1. Campur semua bahan, tuang air panas sedikit sedikit sambil di uleni sampai adonan rata dan bisa dipulung - pulung.
2. Pilin adonan memanjang, masukkan di air yg sudah mendidih
3. Rebus sampai cenil mengapung
4. Tiriskan (saya pake serok)
5. Langsung balur dengan kelapa parut sampai rata
6. Tata dalam wadah siram dengan kinca gula merah
7. Siap dinikmati

11). KUE LUMPANG UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan A:
70 gr Tepung beras
30 gr Tepung sagu/ kanji
85 gr ubi ungu kukus ( dihaluskan)
100 ml air matang

Bahan B:
250 ml air
80 gr gula pasir , klo mau manis lg bs tambahi.
3 helai daun pandan , simpulkan
( masak sampai gula larut dalam air dan dinginkan)

Taburan :
250 gr kelapa parut , pake putih nya aja ( Kukus dengann 1 helai daun pandan dan sedikit garam )

Cara Membuat Kue Lumpang Ubi Ungu :
- Campurkan bahan A dan B aduk rata, sampai licin kemudian saring. ( Adonan nya encer )
- Oles cetakan tipis saja dengann minyak sayur, *aku pake cetakan kue talam*
- Panaskan mangkok cetakan sebentar saja, kurleb 5 menitt, lalu tuang adonan 1/2 cetakan aja, jangan sampai penuh ya.
- Kukus kurleb 25 menit, dan tutup panci kukusan harus di bungkus dengan kain lap bersih.
- Tunggu dingin dan Keluarkan dengan menggunakam tusuk gigi.
- Tabur kelapa parut yg sudah di kukus dan Siap disantap.

12). BOLU KUKUS UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan : 
100 gram ubi ungu kukus blender dengan 200 ml air
2 butir telur
1/2 sdm emulsifier
250 gram gula pasir
230 gram tepung terigu
25 gram susu bubuk
1/2 sdt vanilli
1/4 sdt pewarna ungu
1/4 sdt baking powder (tambahan saya)

Cara Membuat :
1. Kocok telur, gula pasir, emulsifier sampai kental berjejak, tambahkan vanili.
2. Tambahkan tepung terigu yang telah dicampur dengan susu bubuk dan baking powder, aduk hingga rata.
3. Tambahkan ubi ungu yang telah diblender, aduk rata.
4. Tuang dalam cetakan hingga penuh.
5. Kukus dalam kukusan yang sebelumnya telah dipanaskan dengan api besar, kukus selama 10 menit, angkat.

13). KUE APEM UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan A/ biang :
1 sdm gulapasir larutkan dg 3 sdm air hangat
3 sdm terigu
2 sdt ragi

Bahan B:
180 gr terigu
1 sdt baking powder doubleaction

Bahan C:
240 gr ubi ungu kukus /rebus haluskan
150 gr gulapasir
1 btr telur
160 cc santan kental
*boleh menambahkan food colouring warna taro beberapa tetes

Langkah Membuat:
1. Campur semua bahan A aduk rata diamkan 10 menit
2. Campur Bahan C aduk rata dg whisker /baloon whisk
3. Campur Bahan B ayak
4. Campurkan bahan B dan C aduk rata dengan baloonwisk hingga rata
5. Tambahkan bahan A aduk hingga rata dan tidak menggerindil diamkan selama 1 jam.
6. aduk kembali hingga rata, tuang kedalam cetakan yg sdh dilapisi minyak, kukus kedalam kukusan yang sudah dipanaskan lebih dulu.
7. Kukus hingga 15 - 20menit, angkat keluarkan dari cetakan sajikan beserta kelapa parut kukus.

14). PROL UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan-Bahan :
- 500 gr ubi ungu
- 10 sdm gula pasir
- 10 sdm tepung terigu sedang
- 2 butir telur
- 80 ml margarin (lelehkan)
- 200 ml santan
- 160 ml minyak goreng
- 1 sdt vanili

Toping : 
Boleh keju parut, kismis (inside outside boleh lho) dll, sesuai selera aja.

Caranya : 
1. Kukus ubi dan haluskan, beri air hangat secukupnya agar tidak menggumpal.
2. Mixer/blender ubi dan gula pasir sampai tercampur rata.
3. Kocok telur dengan santan, margarin yang sudah di cairkan, minyak goreng & vanili.
4. Setelah tercampur rata masukkan ubi dan aduk.
5. Selanjutnya masukkan terigu ke dalam adonan, dan aduk rata.
6. Siapkan loyang, oles margarin & taburi terigu.
7. Masukkan adonan ke dalam loyang, oven pada suhu 180° selama 40 - 45 menit, jangann lupa harus lulus tes tusuk yaa.

15). ES KRIM UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan :
100 gram whip cream bubuk
200 ml air es
200 gr ubi ungu, kukus, haluskan
80 ml susu kental manis (2 sachet)

Cara membuat :
-Kocok whip cream dan air es sampai kaku.
-Tambahkan ubi ungu dan susu kental manis, kocok lagi hingga rata.
-Tuang ke wadah, simpan di dalam lemari es kurang lebih 2 jam.
-Es krim ubi ungu siap disajikan.

16). KUE KU UBI UNGU
Bahan :
100 gr ubi ungu kukus, haluskan
175 gr tepung ketan
2 sdm gula pasir
150 ml santan ( me 65 ml santan instan + air)
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili
2 tetes pewarna ungu ( me EverStyle

Filling :
100 gr kacang hijau tanpa kulit rendam selama 2 jam
50 gr gula pasir
100 ml santan kara
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili
Kukus kacang hijau sampai matang kemudian blender bersama santan dan gula pasir.
Tuang kedalam teflon, tambahkan garam dan vanili, masak sampai air santan mengering dan dapet dibentuk.
Biarkan hangat, timbang seberat 15 gr lalu bulatkan, siap digunakan.

Cara membuat :
-Dalam wadah masukkan tepung ketan, ubi ungu, gula pasir, garam dan vanili uleni sambil tuang santan sedikit demi sedikit tambahkan pewarna uleni sampai adonan bisa dipulung
-Timbang seberat 30 gram lalu bulatkan dan sisihkan
-Ambil 1 adonan kulit pipihkan lalu beri isian, bulatkan kembali
-Masukk kedalam cetakan mooncake, press 2x, keluarkan dari cetakan, alasi daun atau kertas roti.
-Kukus selama 10 - 15 menit ( buka tutupnya setelah 5 menit supaya bentuknya tetep cantik ).
-Angkat, dinginkan.
-Siap disajikan.

17). TARO MILK MANTOU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan:
315 gram terigu protein rendah (saya Kunci Biru)
50 gram maizena
2 sdt ragi instan (saya pakai Fermipan)
1/2 sdt baking powder
85 gram gula pasir
25 gram susu bubuk
175 ml air es
30 gram mentega putih
1 sdt garam
1/2 sdt pasta taro (saya pakai Toffieco)

Cara Membuat :
-Campur tepung terigu, maizena, ragi instan, baking powder, gula pasir, dan susu bubuk. Masukkan air es. Uleni sampai kalis.
-Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis.
- Bagi 2 adonan, tambahkan pasta taro pada salah satu adonan, uleni kembali sampai pasta taro tercampur rata. Masing-masing adonan diamkan 30 menit.
-Giling adonan tipis memanjang setebal 0,5 cm (saya 1cm), tumpuk kedua adonan dengan posisi adonan ungu berada di bagian luar. Gulung, lalu potong 15 bagian
-Tata berdiri di atas kertas minyak. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
-Panaskan kukusan, kukus mantau dengan api sedang selama 10 menit sampai matang.

18). KUE MOHO UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan :
125 gr ubi ungu
250 gr terigu segi3
200 gr gula pasir
Sedikit garam
250 ml santan kental
100 ml air putih
2 bh kuning telur (kocok lepas)
1 sdm ragi instant

Cara Membuat :
1. Kukus ubi sampai matang, haluskan (aku blender dicampur santan + air)
2. Campur semua bahan jadi 1, mixer hingga halus (kurleb 10 menit)
3. Tutup dengan plastic wrap. Setelah 1 jam aduk sebentar, kemudian fermentasi lagi 2 jam
4. Tuang ke cetakan tapi adonan jangan diaduk lagi. Ambil dari bagian teratas
5. Kukus dengan api besar selama 15-20 menit.

19). CHIFFON CAKE UBI UNGU
19 Aneka Resep Kudapan Dari Ubi Ungu
Bahan A :
6 kuning telur ukuran sedang
50 ml susu cair
50 gr santan kental
55 gr minyak sayur
120 gr tepung terigu
20 gr susu bubuk
1/2 sdt baking powder
1-2 sdt pasta/bubuk taro

Bahan B :
6 putih telur
1/4 sdt garam
165 gr gula pasir butiran halus

Cara Membuat :
-Campur semua bahan A jadi satu aduk menggunakan whisk sampai benar2 tercampur rata, sisihkan
-Mixer bahan B, masukan gula pasir perlahan lahan dalam 3 sesi, mixer dari kecepatan kecil ke sedang, jangan langsung speed besar, kocok sampai konsisten soft peak, jangan over mix ya nanti susah nyampur dengan bahan A nya dan bikin adonan rentan cair
-Campur adonan B ke A perlahan-lahan dalam 3 sesi, aduk balik menggunakan spatula, jangan terlalu lama mengaduknya nanti adonan mencair
-Masukan ke loyang chiffon uk 22 cm tanpa di oles apapun, hentakan 3x di atas meja untuk menghilangkan bubbles nya dan panggang
-Gunakan suhu oven 175°C api atas bawah langsung 10 -15 menit atau sampai permukaan berkulit, keluarkan loyang dan belah untuk membuat motif terbelah, panggang lagi suhu 150°C selama 55-60 menit
-Kalau tanpa goresan atau polos cukup panggang dengan suhu stabil oven 150°C-155°C api atas bawah sampai matang, sesuaikan dengan suhu oven masing2, lakukan test tusuk.
-Setelah matang langsung balik di atas botol dan dinginkan sampai benar2 dingin
-Saya menggunakan loyang chiffon diameter atas 22, diameter bawah 17 dan tinggi 10cm
-Oven saya menggunakan Galaxy Signora
-Selamat mencoba.
.
.
.
Sementara sampai 19 point aja cukup kali yaa ngumpulinnya aneka resep kudapan dari ubi ungu ini. Lain waktu kalau ada kesempatan dan ada resep- resep baru dari ibu ibu ketje pastinya akan saya tambahin lagi. Bukan hanya cocok dilidah dan bermanfaat menjadi teman santai aja, sudah tidak menjadi rahasia umum kalau ubi ungu memiliki khasiat yang sangat berguna untuk kesehatan. Jadi tunggu apalagi bisa makan kudapan sekaligus ngasih asupan zat penting yang diperlukan oleh tubuh.!


EmoticonEmoticon