Rabu, 23 Mei 2018

5 Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa

Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa
Hallo Hallo, Mimin datang lagi nih. Sebelumnya mimin mau ngucapin Marhaban Ya Ramadan, Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bagi yang menjalankannya. Huahua, nggak kerasa udah datang lagi ya Bulan Ramadannya, dan miminpun masih melewatinya dengan status suasana yang sama. Dibangunin sahur sama orang ronda, dan diucapin Buka Puasa sama iklan di tipi.  Eits, dilarang curhat euy.

Nah berhubung ini masih anget-angetnya Bulan Ramadan datang (kayak seseorang didalam hidup mimin, #ehhh), mimin Blog Triwahyuni mau bagi-bagi resep puding endues yang mimin dapatkan dari hasil selancar di instagram. Hehehe. Nggak usah pasang wajah syok gitu? Kenapa bukan mimin yang bikin puding sendiri terus ditulis resepnya.? Jadi ceritanya gini, bulan ramadan kali ini mimin nggak sempat banget masak beraneka ragam masakan, taulah mimin kan lagi berjihad sebagai seorang mahasiwa teladan (iyuhhhh, ditabok pembaca), makanya resep puding buat berbuka puasa yang mimin posting ini mimin cari dari Instagram dan tentunya rekomended banget buat emak-emak yang pengen bikin hidangan penutup yang endeus sekalian nyes-nyes gitu deh.

Buruan simak resep puding untuk menemani buka puasa berikut ini, cekidot:

1). Resep Puding Jagung Coklat. 
Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa
Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa  ini saya ambil dari pemilik akun instagram @Livi_591.

Bahan Puding coklat:
1 bks tepung agar coklat
50 gr coklat blok potong dadu
1 sdm coklat bubuk
500 ml susu cair full cream
1/4 sdt garam
Cara :
  • Masak semua bahan puding coklat, tuang di loyang bulat diameter 15, biarkan hingga mengeras di suhu ruang, keluarkan dari loyang, tusuk-tusuk dan gurat permukaan bagian atas dan bawah puding dengan garpu. Sisihkan.
Bahan Puding Jagung:
1 bks nutrijel plain (boleh ganti tepung agar plain)
160 gr jagung manis pipil
250 ml santan kental instant
350 ml air
110 gr gula pasir
berapa tetes pewarna kuning muda (optional)
Cara:
  • Blender jagung + air + santan hingga lembut dan halus, saring, lalu masak seluruh bahan hingga mendidih.
  • Tuang 1/2 puding jagung ke loyang bulat ukuran 20, letakkan puding coklat diatasnya, lalu tuang sisa puding jagung perlahan dengan sendok.
Bahan agar coklat:
1 bks agar coklat
400 ml air
50 gr gula apsir
Cara:
  • Masak seluruh bagian hingga mendidih, tuang diatas puding jagung yang sudah setengah mengeras, perlahan dengan sendok. Biarkan hingga mengeras lalu simpan di kulkas.

2). Resep Puding Buah Naga Yogurt.
Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa
Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa ini saya ambil dari pemilik akun instagram @Fridajoincoffee.

Bahan:
1 buah naga
1 bungkus (7 gr) bubuk agar plain
100 ml yogurt greek (plain)
4 sdm gula pasir untuk puding buah naga
3 sdm gula pasir untuk puding yogurt
Cara:
  • Kupas buah naga. Blender hingga halus nggak usah ditambah air. Kemuadian ambil sebanyak 200 ml.
  • Campurkan air dan bubuk agar plain, aduk rata, bagi menjadi 2 bagian sama banyak.
  • 1 Bagian dicampur jus buah naga dan gula pasir. Rebus hingga mendidih. Tuang di cetakan.
  • 1 Bagian lagi dicampur yogurt dan gula pasir. Rebus hingga mendidih. Lalu tuang diatas puding buah naga yang setengan membeku.
  • Biarkan dingin dan sajikan.

3).  Resep Puding Jeruk Nipis Kelapa Muda KW
Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa
Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa ini saya ambil dari pemilik akun instagram @tyasprabowo.

Bahan Kelapa Muda KW:
1 sachet kecil nutrijel kelapa (10 gr)
1 sachet santan instant (65 gr)
400 ml air
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
3 tetes pewarna merah muda
Bahan Puding Jeruk Nipis:
1 sachet agar-agar plain
100 gr gula pasir
800 ml air
2 buah jeruk nipis, peras ambil airnya 
1 sdm selasih, rendam air panas.
Cara:
  • Kelapa Muda KW: Campur semua bahan jadi satu, masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk. matikan api, biarkan dingin, keruk dengan kerukan kelapa muda. sisihkan.
  • Puding Jeruk nipis: Campur agar-agar, gula pasir, air, masak sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan air perasan jeruk nipis, aduk rata, matikan api. masukkans elasih aduk rata.
  • Tata sebagian kelapa muda KW dalam cetakan agar agar, siram dengan agar-agar jeruk nipis masukkan sisa kelapa muda KW siram lagi dengan puding jeruk nipis.
  • Biarkan uap panas hilang, simpan dalam lemari es ptong-potong dan sajikan.

4). Resep Puding Buah
Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa
Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa  ini saya ambil dari pemilik akun instagram @juwitacc

Bahan:
Tepung agar-agar (sparrow) 1 bks + 1 st
Nutrijel plain 1 bks
Gula pasir 350 gram
Lemon 1/1,5 biji (peras airnya)
Air 1400 ml
Buah tergantung selera (kiwi, anggur, mangga, jeruk amndarin kaleng)
Cara:
  • Tata setengah bagian buah di loyang, sisihkan dulu.
  • Aduk tepung agar-agar, nutrijel, gula pasir hingga rata, masukkan air, aduk lagi hingga rata baru nyalakan api.
  • Masak dengan api sedang hingga hampir mendidih, masukkan perasan lemon (jika lemonnya besar cukup 1 buah saja, karna terlalu banyak zat asam puding tidak bisa membeku), setelah emndidih hilangkan uap panas sebentar dengan cara diaduk-aduk baru tuang agar-agar di loyang.
  • Masukkan lagi sisa buah, biarkan membeku dengan suhu ruang baru simpan di kulkas.

5). Resep Puding Alpukat Oreo Coklat
Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa
Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa  ini saya ambil dari pemilik akun instagram @Iyettajoe

Bahan Lapisan 1 (Alpukat):
1 bks agar-agar (7gr)
150 gr gula apsir (sesuai selera)
600 ml susu cair
250 gr daging alpukat
Cara:
  • Blender daging alpukat dan 150 ml susu cair hingga lembut. sisihkan
  • Rebus sisa susu cair (450 ml), agar-agar dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidh. Matikan api.
  • Tambahkan blenderan alpukat dan aduk rata. tuang dicetakan (saring bila perlu). **alpukat jangan ikut dimasak biar nggak pahit, cukup ditambahkan di terakhir saja.
Bahan Lapisan 2 (Oreo)
1 bks agar-agar (7gr)
100 gr gula apsir (sesuai selera)
300 ml susu cair
3 putih telur
50 gr biskuit oreo (buang cream dan hancurkan kasar)
Cara:
  • Rebus susu cair, agar-agar dan gula pasir sampai mendidih. Matikan api. Sisihkan.
  • Kocok putih telur hingga kaku. Masukkan adonan agar-agar sedikit demi sedikit sampai habis, sambil terus dikocok dengan mixer kecepatan rendah. Matikan mixer, masukkan oreo aduk rata.
  • Tuang diatas lapisan alpukat.
Bahan lapisan 3 (Coklat)
1 bks agar-agar (7gr)
150 gr gula apsir (sesuai selera)
600 ml susu cair
2 kuning telur (kocok lepas)
30 gr coklat bubuk
Cara:
  • Rebus susu cair, agar-agar, coklat bubuk, gula pasir sampai mendidih sambil diaduk.
  • Ambil 2 sendok sayur adonan agar-agar, campurkan dalam kuning telur, aduk rata, masukkan kembali dalam adonan agar-agar coklat. Masak lagi sampai mendidih.
  • Tuang diatas lapisan oreo (saring bila perlu).

Nah itu dia 5 Resep Puding untuk Menemani Buka Puasa yang mimin posting ulang dari para pemilik akun instagram yang sudah mimin sebutkan diatas. Cukup memberi referensi buat kita bukan.? Apalagi buat emak-emak yang punya anak kecil, pasti suka banget dibikinkan puding-puding diatas. Tunggu apalagi mak, pepet terus jangan kasih kendor, biar anaknya nggak rewel. Hehehe.

Selain puding diatas, mimin juga punya resep brownis kukus sederhana yang bisa dibikin secepat kilat, anti ribet, tetapi rasanya endeus banget, lembut dimulut dan memanjakan lidah. Yok mari di cek bareng bareng resep brownis kukus nya:
Resep Brownies Kukus Sederhana Yang Bisa Dibikin Dadakan
Oke, Selamat Mencoba wahai kalian para pejuang dapur! Ingat, sehebat apapun kalian dalam karir, secerdas apapun kalian dalam bidang akademik, dan secantik apapun Tuhan mentakdirkan kalian sebagai perempuan, perempuan tetaplah perempuan, bertanggung jawab atas kodratnya, terutama perihal masak-memasak. Hehehe. Tapi nggak bisa masak nggak apa-apa kok, asal mau belajar sedikit-sedikit, masak air juga boleh. Bye.
Salam sayang dari mimin.


EmoticonEmoticon