Sabtu, 21 April 2018

Kisah Inspiratif Perempuan Hebat

Kisah Inspiratif Perempuan Hebat
21 April selalu menjadi hari fenomenal di Indonesia, karena tepat pada hari itu diperingati oleh masyarakat Indonesia sebagai Hari Kartini. Kartini merupakan sosok pejuang kaum perempuan yang terbukti dengan perjuangannya mampu memangkas tali batasan antara laki-laki dan perempuan dalam memperoleh pendidikan. Tidak heran apabila banyak sekali bentuk apresiasi yang kita temukan sebagai cara menghargai perjuangan yang telah dilakukan oleh Ibu Kartini. Seiring perkembangan jaman, kini emansipasi wanita benar-benar telah menjadi bekal untuk mewujudkan setiap cita-cita yang dimiliki oleh perempuan tanpa takut dengan perbedaan gender. Perempuan tidak boleh membatasi diri, itu makna yang saya tangkap dari kesetaraan gender yang diutarakan oleh Kartini dan menjadi pegangan perempuan hingga masa kini. Tidak membatasi diri tentunya tetap harus tahu diri secara kodrati. Semua hak bisa diperoleh perempuan, seperti seorang laki-laki memperoleh haknya. Namun disisi lain, kekuatan fisik dan fungsi fisiologis tubuh bisa menjadi salah satu faktor pertimbangan kita sebagai perempuan untuk mengukur batas kemampuan.

Melihat begitu besar antusias para masyarakat Indonesia dalam memperingati Hari Kartini,  menurut saya peringatan saja tidak akan cukup untuk meneruskan perjuangan yang dilakukan oleh beliau dalam membela kaum perempuan. Hari ini, khususnya untuk perempuan Indonesia, bisa menjadi moment yang tepat untuk berefleksi diri supaya menjadi pribadi yang lebih baik dan bertanggung jawab lagi. Tentunya berkaitan dengan edisi bertajuk perempuan hebat seperti Ibu Kartini, saya menyuguhkan satu artikel yang berisi tentang kisah inspiratif dari perempuan hebat lainnya dari berbagai belahan dunia, yang berjuang meraih kesuksesan tanpa melalaikan kodratnya sebagai seorang perempuan. Bisalah kita j sebagai perempuan menjadikan mereka tokoh tauladan agar kita lebih termotivasi dalam mewujudkan cita-cita. Apalagi kita sekarang dihadapkan pada jaman canggih yang segala sesuatunya serba teknologi, mau tidak mau menuntut seorang perempuan kudu melek teknologi. Dengan catatan harus tetap tahu diri.

Siapa saja para tokoh dalam kisah inspiratif perempuan hebat dari berbagai belahan dunia ini? Yuk kita baca bersama:
  1. Dewi Sartika. Masih belajar dari perjuangan perempuan dalam Negeri, selain Raden Ajeng Kartini Indonesia juga memiliki satu sosok perempuan pejuang pendidikan lagi. Dia adalah Dewi Sartika. Ketika itu pendidikan bagi kaum perempuan masih dianggap tabu. Kaum perempuan seakan menjadi golongan nomor dua untuk mengenyam pendidikan. Karena itulah Dewi Sartika berjuang untuk mengembalikan hak-hak kaum perempuan guna mengenyam pendidikan. Perjuangannya memang meletihkan. Ada banyak aral dan rintangan yang datang menghadang. Namun, dengan keteguhan komitmennya Dewi Sartika terus berjuang mewujudkan pendidikan untuk kaum perempuan. Salah satu bentuk perjuangan Dewi Sartika kala itu ialah berhasil mendirikan sekolah untuk kaum perempuan, Sekolah yang diberi nama Sakola Istri (Sekolah Perempuan). Dewi Sartika membuktikan pada dunia bahwa perempuan juga mampu menguasai keahlian dan ilmu pengetahuan. Ia terus mengembangkan gagasan-gagasan pendidikannya untuk membantu kaum perempuan keluar dari kerangkeng kebudayaan yang telah merenggut kemerdekaan mereka.
    Kisah Inspiratif Perempuan Hebat 
  2. Bunda Teresa. "Kami tidak pernah mendapatkan uang sepeserpun dari apa yang kamu lakukan. Kami hanya melakukan semua ini untuk Tuhan." Itulah salah satu jawaban Bunda Teresa saat ditanya ihwal motivasi dibalik gerakannya turun ke pemukiman kumuh untuk membantu mereka yang lemah. Banyak orang menyebut Bunda Teresa adalah pelopor sangat inspiratif bagi pejuang kemanusiaan. Ketika banyak orang berlomba-lomba terkadang ada yang menghalalkan segala cara - Bunda  Teresa justru memilih untuk terjun ke perkampungan kumuh nan miskin guna membantu dan hidup bersama mereka. Tanpa pamrih, Bunda Teresa terus bekerja untuk kemanusiaan. Bunda Teresa menjadi inspirasi bagi kaum perempuan yang ingin mengabdi pada kemanusiaan tanpa mengenal sekat identitas. Bunda Teresa pernah menjabat sebagai kepala sekolah, pelan-pelan ia menyadari bahwa ada banyak anak yang membutuhkan sentuhan lebih dibalik trotoar serta tembok-tembok kumuh itu. Ia pun semakin terpanggik untuk membantu mereka. Ada begitu banyak kemelaratan yang membutuhkan uluran tangannya.
    Kisah Inspiratif Perempuan Hebat
  3. Benazir Bhutto. Ia adalah figur perempuan Pakistan dalam bidang politik. Ketegasan dan keberaniannya telah membuat dirinya menjadi sosok yang sangat diperhitungkan di Pakistan dan dunia Internasional. Ia berhasil menduduki posisi perdana menteri dan mampu melakukan berbagai terobosan untuk Pakistan serta membangun jaringan Internasional. Ia berhasil emndobrak kebuntuan budaya patriarki dan membuktikan pada dunia bahwa perempuan juga mampu melakukan perubahan. Maka, tak heran jika ia menjadi perempuan pertama yang memimpin negara muslim pada masa pascakolonial. bagi Benazir posisi antara laki-laki dan perempuan adalah sama. Keduanya sama-sama memiliki peran untuk menjaga keutuhan rumah tangga dan aktif di tengah masyarakat serta mengambil peran dalam jabatan pemerintahan. Laki-laki dan perempuan di hadapan Tuhan juga mempunyai kedudukan yang sama.
    Kisah Inspiratif Perempuan Hebat
  4. Ellen Johnson Sirleaf. Ialah Tokoh perempuan inspiratif asal Afrika. Ia dianggap telah memberikan kontribusi besar mengakhiri perang bersaudara yang telah berlangsung sekitar tigas belas tahun. Ia bekerja keras untuk menyembuhkan trauma masyarakat yang baru mengakhiri perang. Cukup lama masyarakat Liberia terbelenggu dalam peperangan sehingga trauma masih terus menyelimuti meski perang telah usai. Ellen pun hadir dalam kehidupan mereka, mengatasi rasa trauma serta memberi motivasi kepada mereka untuk turut andil dalam dunia politik dan keluar dari luka lama akibat peperangan. Ia mampu memberi harapan dan membangkitkan semangat kaum perempuan. Ketika berhasil memberikan motivasi, terutama bagi kaum perempuan untuk terlibat dalam politik, Ellen melakukan terobosan guna memulihkan perekonomian rakyat. ia tidak memberikan ruang sama sekali bagi para koruptor. "Nol Toleransi Terhadap Korupsi".
    Kisah Inspiratif Perempuan Hebat
  5. Eva Peron. Sosok perempuan yang sangat berpengaruh di Argentina. Bagi kaum miskin dan para pekerja, ia tak ubahnya sebagai Dewi Penyelamat. Ia pernah membangun Yayasan Eva Peron, sebuah yayasan yang secara  cuma-cuma membantu kaum miskin untuk dibuatkan rumah dan sekolah. ia adalah perempuan yang cukup getol memperjuangkan bahwa pendidikan dan kesehatan merupakan hak semua warga negara Argentina tanpa harus membeda-bedakan dari golongan mana ia berasal. ia juga merupakan sosok yang cukup berperan penting dalam pembentuka Partai Peronis Perempuan. Pengaruhnya di Argentina cukup besar. Meskipun masalalunya penuh dengan kontroversi, namun ia mampu melalui itu semua dengan baik. Ia telah menginspirasi banyak perempuan di Argentina khususnya dan dunia umumnya.
    Kisah Inspiratif Perempuan Hebat
Bagaimana? Cukup memberikan inspirasi bukan? Atau bahkan sangat menginspirasi kita untuk berani melangkah lebih maju tanpa harus takut terkungkung batasan antara laki-laki dan perempuan. Bisa kita bayangkan, dulu saja ketika dunia belum mengalami perkembangan IPTEK sepesat sekarang, perempuan-perempuan diatas mampu membuktikan perannya dengan melakukan suatu gebrakan untuk mewujudkan menjadi perempuan hebat yang membawa manfaat. Lalu bagaimana dengan kita yang telah menyandang gelar sebagai perempuan masa kini? 


EmoticonEmoticon