Blog Tri Wahyuni

Tentang Tapak Kecil Pejalan Kehidupan..

Cari Tahu Manfaat Minum Kopi Hijau Bagi Tubuh Yuk.!

Manfaat Minum Kopi Hijau
Akhir-akhir ini Kopi Hijau menjadi primadona di kalangan kaum hawa yang dipercaya dengan berbagai macam khasiatnya. Dan alhasil saya sendiripun akhirnya ikut andil menjadi bagian dari beberapa kaum hawa yang mengidolakan Kopi Hijau ini. Hihihi. Nah, Untuk itu kali ini dengan begitu PD-nya Blog Tri Wahyuni datang membawa secercah harapan dengan mengulas manfaat minum kopi hijau buat tubuh kita, eeaaakkk secercah harapan bro. Kepoin dulu yuk, apa sih kopi hijau itu? Bagaimana proses pengolahannya kok bisa warnanya hijau gitu? Mungkin tidak banyak orang yang tau kalau kopi hijau itu pengolahannya belum sampai mengalami proses pemanggangan, berbeda dengan kopi hitam atau kopi biasa yang harus mengalami proses roasting (pemanggangan dalam suhu yang sangat panas) lebih dulu, sehingga bisa menghilangkan kadar air yang terdapat pada biji kopi. Karena kopi hijau atau green coffee been tidak mengalami proses pemanggangan membuat unsur alami yang ada di dalamnya masih utuh terjaga. Sebenarnya tidak semua kopi hijau itu identik dengan warna yang hijau pula. Ada beberapa kopi hijau yang mengalami proses pemanggangan yang singkat supaya tidak menyulitkan mesin penggilingnya dalam bekerja. Nah, akibatnya warna kopi hijau ini tidak benar-benar hijau, namun sedikit kecoklatan.
Meskipun begitu, proses pemanggangan yang berlangsung singkat pada kopi hijau tersebut tidak membuat zat alami yang terkandung dalam kopi hijau mengalami penurunan. Kita perlu tahu nih gaes, unsur alami yang terkandung dalam kopi hijau itu adalah asam klorogenat dan juga asam kafeat yang membawa beberapa manfaat untuk tubuh sebagai berikut:
  1.  Kopi Hijau Menjadi Partner Yang Bagus Untuk Diet. Nah, bagi cewek-cewek yang kelebihan berat badan atau tumbuh kesamping, dan punya rencana mau diet, usut-punya usut Salah satu Manfaat Minum Kopi Hijau ini bisa digunakan sebagai teman dalam menyempurnakan program diet kalian sist. Dan sayapun mulai mencobanya sejak satu minggu yang lalu untuk mengidealkan berat badan saya kembali setelah saya heran pada diri saya sendiri, masa iya berat badan bisa naik segini drastis padahal ditempa masalah bertubi-tubi dan tugas kuliah maupun kerjaan yang nggak ada henti-hentinya, tampaknya hal itu nggak mampu bikin tubuh saya menyusut. Dengan kejadian yang terjadi pada saya itu sampai membuat saya bikin antitesis terhadap pernyataan kalau banyak pikiran bisa bikin berat badan turun, itu tidak benar dan tidak berlaku buat saya. Hahahahaa. Jangan serius, ini cuma bercanda, memang sayanya saja yang hobby makan tetapi punya cita-cita kurus. Kembali ke manfaat minum kopi hijau ini sebagai partner untuk diet, kopi hijau sarat akan mineral dan vitamin yang dapat membantu menjaga kadar nutrisi di dalam tubuh kita. Sehingga dapat menekan rasa lapar jika kita sering ataupun mudah merasa lapar. Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa kopi hijau dapat mengatasi akumulasi lemak dalam tubuh. Namun tidak hanya pasrah pada kopi hijau saja, program diet dengan menggunakan kopi hijau harus diimbangi dengan menjaga pola makan yang baik, minum air putih 8 gelas sehari dan olahraga teratur supaya hasilnya maksimal. Untuk cara konsumsinya, didalam kemasan kopi hijau yang saya beli kemarin tertera anjuran untuk dikonsumsi dua kali dalam satu hari setelah makan, dengan cara biji kopi hijau diseduh di dalam air panas.
  2. Kopi Hijau Sebagai Antioksidan Dalam Tubuh Kita. Asam Klorogenat dalam kopi hijau menjadi antioksidan yang baik buat tubuh kita gaes. Apalagi kita tahu sendiri dengan keadaan bumi yang penuh polusi dan mulai panas. Untuk itu manfaat minum kopi hijau berguna sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengurangi efek kerusakan sel dalam tubuh.  Beberapa penelitian mengngungkapkan bahwa biji kopi hijau mentah dan yang belum mengalami proses pengolahan mempunyai kandungan 100% Asam klorogenik (CGA), dan merupakan ester asam caffein yang memiliki sifat antioksidan kuat. Sehingga bisa menjaga kadar glukosa di dalam aliran darah kita dan mampu mencegah sel-sel kulit kita dari kerusakan karena aktivitas sehari-hari. Selain itu, sifat antioksidan dalam kopi hijau dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dan  membuat khasiat yang ada di dalam kopi hijau ini nggak kalah dengan sajian kopi yang lainnya.
  3. Kopi Hijau Meningkatkan Suasana Hati dan Mengurangi Stres. Seperti kopi biasa pada umumnya, dalam kandungan kopi hijau terdapat kafein yang mempunyai efek positif dalam meningkatkan suasana hati dan juga pada aktivitas otak kita. Menurut penelitian yang telah dipublikasikan pada bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa studi telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif otak. Dari hal itu peneliti mengemukakan bahwa asupan optimal kopi hijau mencapai 38-400 mg per hari atau menjadi sekitar ⅓ cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.
  4. Kopi Hijau Mengatasi Diabetes. Manfaat Minum Kopi Hijau ini salah satunya juga dapat digunakan untuk mengatasi diabetes bagi para penderita diabetes. Namun dengan catatan harus dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan penderita diabetes tetap harus rmengontrol kadar gula darah dalam tubuhnya secara rutin. Hal ini sangat berbeda dengan kopi hitam yang menjadi musuh para penderita diabetes yang dianjurkan untuk sangat dihindari.
  5. Kopi Hijau Mencegah Terjadinya Penuaan Dini. Point kelima dari Manfaat Minum Kopi hijau ini adalah dapat menjaga kesehatan kulit, seperti yang dipaparkan pada nomor 2 diatas dimana kopi hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Unsur alami yang terkandung di dalam Kopi Hijau yang tidak mengalami pembakaran  akan memberikan khasiat yang sangat menakjubkan untuk kecantikan kulit terlebih untuk para perempuan yang ingin terlihat awet muda, diantaranya adalah menjaga kulit kita supaya tetap terjaga keelastisannya, tetap lembut  ketika disentuh serta terhindar dari risiko penuaan dini akibat bumi yang semakin panas dan terpapar polusi.
Oh yaaa,,, untuk pembelian Kopi Hijaunya bisa dibeli di pasar, supermarket, indomaret ataupun alfamart dekat rumah kita. Tetapi kalau cara pembelian saya kemarin, saya joint dengan teman sekelas saya untuk membelinya disalah satu lapak online / marketplace yang menjadi langganan dan kepercayaan teman saya. Harganya bersahabat dengan kantong kok, apalagi buat mahasiswa pengangguran sukses seperti saya gini. Hehehee. Banyak juga pilihan produk kopi hijaunya yang ditawarkan oleh para seller. Dari situ kita perlu jeli untuk memilihnya yaa. Taulah system jual beli online, nggak bisa pegang barangnya secara langsung, jangan sampai kita menyesal karena barang yang datang nggak sesuai harapan.
Baca juga nih tips belanja online dari salah satu  teman saya pegiat online shop: Suka Belanja Online? Ini Dia Tips Aman Belanja Online.
Itu dia beberapa manfaat minum kopi hijau bagi tubuh kita, terlepas dari yang saya tuliskan diatas, dibalik membawa manfaat yang baik pastinya juga membawa manfaat yang kurang baik apabila kita mengkonsumsinya terlalu berlebihan dan diluar takaran. Kembali kepada diri kita sendiri, yang tahu baik buruknya ketika tubuh mengirim sinyal adalah diri kita sendiri. Jadi tidak semua orang cocok dengan mengkonsumsi Kopi Hijau yaa. Kita harus menjadi konsumen yang bijak, tidak hanya ikut-ikuttan karena ngetren dan banyak orang yang cocok mengkonsumsinya, ketika kita mengkonsumsi kita harus tahu bahwa kita memang butuh dan tubuh kita benar-benar bisa bersahabat dengan makanan atau minuman yang kita konsumsi.
Jadi, bagi yang mau ngrasain Manfaat Minum Kopi Hijau Bagi Tubuh boleh nih mencoba membelinya.!

Baca juga:

Tags:

0 komentar



Emoticon