11 Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil

 Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
Ide Bekal Makanan
Pernah nggak bunda-bunda ngalamin mengapa si kecil itu susah makan. Padahal sudah dimasakin enak-enak dan penuh variasi jenis makanan, namun tetap saja penyakit susah makan itu menjangkit kepada buah hati kesayangan bunda. Dan yang terkadang paling bikin jengkel, pada saat kita bawakan bekal makanan untuk si kecil, eeee bekalnya utuh sampai kembali ke rumah. Kira-kira apa ada yang salah dengan masakan kita yaa? Atau mungkin si kecil kurang tertarik dengan masakan yang itu itu saja. Nah, karena saya tahu betapa jengkelnya ketika memberikan bekal makanan untuk si kecil namun kembali kerumah dengan bekal yang masih utuh pula, akhirnya jalan pikiran saya terbuka untuk membuat artikel ini, siapa tahu bisa membantu bunda-bunda di rumah untuk berkreasi mengubah tampilan bekal makanan si keci.
Iseng-iseng kemarin saya membuka instagram, iseng-iseng berhadiah maksudnya (iseng-iseng yang bermanfaat). Lalu pucuk dicita dan akun yang memposting tentang kreasi bekal makanan pun tiba, saya nemu akun yang isinya bikin terang mata soal tampilan makanan. Wowww, keren, unik, dan menarik binggo. Saya berani jamin, kalau bunda-bunda menyiapkan bekal makanan ini untuk si kecil, dia pasti sayang untuk memakannya, hahahahaa, nggak jadi makan dong. Bukan itu bukan, si kecil mungkin lebih tertarik dengan tampilan hasil kreasi bekal makanan yang bunda-bunda buat,, alhasil bekal makanan yang dia bawa pun akan tinggal tempatnya saja ketika sampai rumah nanti. Cuma dalam hati kecil saya penuh kegundahan dengan beribu pertanyaan klasik bisa nggak kita menerapkannya? Sebenarnya bukan soal bisa atau nggaknya sih, bisanya pasti bisa, tetapi lebih ke niat atau nggak itu yang sangat penting. Iyaaaaa kaliii, segala sesuatu yang akan kita lakukan kan tergantung dari niat. Hahaa. Duh berlagak bicara soal niat.! Emang sudah dicoba kreasi bekal makanannya? Belum sihh. Hehe. Tetapi meskipun sampai sekarang saya belum menerapkannya, saya ingin berbagi kepada bunda-bunda semuanya, siapa tahu bunda-bunda yang mempunyai niat sekuat baja bisa segera menerapkannya. Dan jangan lupa, kasih tahu saya akan hasilnya, biar saya juga semakin bisa memantapkan niat untuk membuatkan kreasi bekal makanan untuk si kecil. Yaaaaaa walaupun si kecil yang saya miliki itu adalah keponakan, hitung-hitung simulasi jadi Ibu Rumah Tangga yang baik lah. Hihihi.
Nah, Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil ini saya adopsi dari akun Instagram mbak @meli_engku. Silahkan di stalking sendiri deh, hasil karya tangan kreatif Mbak @meli_engku patut diacungi jempol, karena menyulap bekal makanan yang awalnya biasa menjadi luar biasa loo. Duhh, contoh-contoh Super Mommy ini. Kreasi Bekal Makanan yang dibikin mbak @meli_engku ini kaya akan variasi yang sangat cocok untuk  diterapkan oleh bunda-bunda yang si kecilnya masih duduk di Taman Kanak-Kanak maupun Sekolah Dasar. Yukk simak, bagaimana hasil tangan kreatif Mbak @meli_engku menyajikan Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil:

  1. Kreasi Bekal Makanan Pertama terdiri dari: Nasi Gulung, Roti Ovomaltine, Mangga, dan lengkap dengan permennya.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  2. Kreasi Bekal Makanan Kedua terdiri dari: Nasi, Soto kuning + telur, roti unyil, susu dan yang tidak ketinggalan adalah coklat+permen.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  3. Kreasi Bekal makanan ketiga ada Nasi kuning, ayam goreng, telor iris, banana cake dan koko krunch bar.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  4. Kreasi Bekal makanan keempat ada mie ayam bakso, nasi, ayam goreng, telor dadar iris, creckkers dan permen.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  5. Kreasi bekal makanan kelima adalah nasi, tim telor, sop, bakpao, kue mangkok dan yakult.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  6. Selanjutnya kreasi bekal makanan unik keenam karya mbak melli_engku, terdiri dari nasi + mie goreng, otak-otak, mangga, roti lapis ovomaltine, dan teh kembang.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  7. Kreasi bekal makanan ketujuh ada nasi, opor ayam + telor, roti gulung strawberry + ovomaltine, bolu serta yang sering tidak ketinggalan adalah gummy.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  8. Dan kreasi bekal makanan yang kedelapan ini agak unik sekali jenis-jenisnya, yaitu terdiri dari nasi, dori salted egg yolk (bahasa kecenya dori saus telor asin), pie susu, pasta carbonara, dan susu.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  9. Tidak semua jenis bahan-bahan kreasinya harus unik-unik dan sulit dicari lo, kreasi bekal makanan yang kesembilan ini lumayan bersahabat dengan jenis makanan sehari-hari kita (hahaha, maklum saya orang desa), terdiri dari Nasi kuning, ayam goreng, balado terong+telor, timun dan air putih.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  10. Kalau si kecilnya suka sama jus alpukad, boleh juga tuh dimasukkan ke dalam list bekal minuman buat si kecil. Nah, sandingkan jus alpukad dengan nasi, chicken wing, roti kacang, cookies, puding, dan yoghurt.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  11. Untuk Kreasi bekal makanan yang kesebelas ini bisa bunda-bunda terapkan apabila bunda bangun kesiangan dan tidak sempat masak memasak, ada mie pangsit, roti tawar pandan keju, cookies, buah pepaya / melon.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
Bagaimana bunda? Apakah bunda memiliki ketertarikan untuk menerapkan kreasi bekal makanan diatas. Yang saya tahu, dengan tampilan bekal makanan yang menarik, si kecil pun akan semakin semangat untuk menghabiskan makanannya. Namun bagi saya pribadi, kreasi bekal makanan diatas itu hanya konsep saja, tidak semua bahan makanan yang digunakan harus bunda gunakan juga untuk mempercantik tampilan bekal makanan. Karena setiap anak memiliki makanan kesukaan yang berbeda-beda, dan kitapun juga tidak mempunyai pasokan banyak bahan makanan seperti diatas. Jadi ,kita bisa mengganti jenis bahan yang digunakan diatas dengan bahan makanan yang disukai si kecil ataupun yang bunda punya. Tidak perlu diperrumit, karena sebenarnya semua itu sangat mudah asal kita bisa mensiasati, dan kembali lagi tergantung seberapa besar niat kita membuat kreasi bekal makanan untuk si kecil. Yukk Jadi Super Mommy.!



Dan dibawah ini saya sisipkan resep dori salted egg yolk atau istilah lainnya dori saus telor asin buat bunda-bunda yang penasaran:




Bahan-bahan:

500 gr Ikan Dori Fillet
1 butir Telur
Secukupnya Lada bubuk
Secukupnya Garam



Bahan Tepung:

6 sdm Tepung Terigu
3 sdm Tepung Tapioka
3 sdm Tepung Bumbu Serbaguna
Secukupnya Garam
Secukupnya Bon Cabe



Bahan Saus Telur Asin:

3 siung Bawang Putih
3 siung Bawang Merah
3 butir Telur Asin
200 mL Air



Langkah Pembuatan:

  1. Potong ikan dori memanjang dengan lebar +/- 1 jari.
  2. Lumuri ikan dori dengan telur, lada dan garam. Biarkan +/- 10 menit.
  3. Masukkan jadi satu ke dalam wadah: tepung terigu, tepung tapioka, tepung bumbu, garam dan bubuk cabe. Aduk hingga rata & homogen.
  4. (Balut ikan dengan tepung) Ambil potongan ikan dori satu persatu dan masukkan ke dalam campuran tepung (3). Letakkan dalam wadah. Lakukan hingga semua potongan ikan habis.
  5. Panaskan minyak. Goreng ikan dori yang sudah dibalut tepung (4) hingga matang & keemasan (pakai api kecil). Tiriskan.
  6. Buat adonan saus telur asin: kupas telur asin, ambil kuningnya saja
  7. Kupas, cuci dan potong bawang putih, bawang merah. (Sisihkan sedikit bawang putih untuk menumis ikan)
  8. Campur bahan (6) & (7), tambahkan air 200ml, blender jadi satu sampai smua tercampur rata & homogen.
  9. Panaskan minyak. Tumis sedikit bawang putih yg sudah disisihkan.
  10. Masukkan saus telur asin (8), aduk hingga berbusa, masukkan ikan (5). Tambahkan garam hingga dirasa pas. Tambahkan daun bawang.
  11. Matikan api. Pindahkan makanan kedalam wadah. Taburi wijen atau parutan keju diatasnya.
Dori saus telur asin siap dihidangkan & dinikmati. Yummy. (Diambil dari www.cookpad.com)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

9 Tips Membangun Kedekatan Orang Tua Dengan Anak Remajanya