Selasa, 30 Januari 2018

Selepas Kepergianmu Dari Hidupku..

Selepas Kepergianmu Dari Hidupku..
Mata sembab, hati lelah pun pikiran mulai kacau. Dapatkah aku menemui kedamaian hati lagi setelah berakhirnya kejadian ini (?). Tanpa rasa peduli tetap ku langkahkan kaki kecilku menjauh dari hadapmu. Menghindari semua kisah semu yang kau katakan ketulusanmu. Bekunya udara. Dinginnya rintik hujan, panasnya terik matahari..  Ohh aku benar – benar tidak perduli.  Hanya satu tujuanku saat ini, menjauh pergi meninggalkan dan melupakan pemain hati perempuan sepertimu. Semoga rintik hujan hari ini bisa menghapus semua jejak tentangmu. Dan semoga panasnya  terik matahari esok mampu membakar ingatan tentangmu. 
Sungguh kini tak sudi lagi aku mengingatmu selepas kepergianmu. Cukup tau aku tentang apa yg kamu inginkan dariku. Seharusnya kamu tau, Kamu adalah orang yang aku cintai sepenuh hati yang sengaja kau buat patah dengan sadar diri. Seharusnya kamu paham,  aku orang yg tidak mudah jatuh cinta.  Dan saat itu aku sangat jatuh cinta padamu.  Kamu orang yang sudah berhasil menempati ruang hatiku paling dalam, melekat erat dalam fikiran.  Kini aku bersusah payah membuatmu menghilang dari tempat itu, menghapus jejak-jejak langkahmu dan segera menyebutmu sebagai kenangan.  
Banyak orang melihatku heran waktu itu.  Mengira aku sudah kehilangan akal dan warasku. Bagaimana tidak? Hidupku sepanjang hari menyusuri jalan tanpa tujuan, menangis di tengah-tengah lebatnya hujan, dan melamun disudut kamar dengan memadamkan cahaya lampu yang semakin muram.  Sungguh waktu itu kesakitan dan kesepian menjadi teman akrabku. Selepas kepergianmu. Sungguh, Seperti tidak ada harapan lagi aku melanjutkan mimpi, mimpi yang ingin aku bangun diatas kenyataan bersamamu. Karna pada nyatanya mimpi terbesarku telah pergi meninggalkanku dengan tega hati.  
Dan kini kamu kembali saat keadaan sudah mulai membaik. Saat aku sudah bisa berdamai dengan keadaan.  Dengan gampangnya kamu merayuku dengan senyum sapamu. Dengan entengnya kamu mengatakan " maafkan kesalahanku dimasa lalu, aku janji akan memperbaiki semua kesalahanku yang sudah membuat retak hatimu.  Izinkan aku untuk memilikimu kembali untuk menebus semua kesalahanku padamu". Tanpa berdosa kamu mengatakan seprti itu. Apakah kamu tau bagaimana keadaanku waktu itu?  Waktu kau campakan seenak hatimu. Apa kamu masih bisa berfikir aku baik-baik saja setelah kejadian memedihkan itu(?). Tidak..  Apa yang kamu lakukan terlalu jahat.. Kamu tau hati wanita itu layaknya cermin. Yang jika kamu pukul dengan keras akan retak bahkan akan pecah menjadi berkeping-keping. 
Kamu mungkin bisa merekatkan cermin itu kembali tapi tidak akan sempurna, tidak akan bisa memantulkan cahaya yang indah. Sama seperti hati perempuan.  Mungkin dia bisa memaafkanmu tapi dia tidak akan pernah lupa dengan rasa sakit yang sengaja kau tumpahkan dihatinya. Saat aku berani memberikan perasaannku untukmu, mempercayakan hatiku untuk kamu miliki, mestinya kamu bisa menjaga itu dengan sebaik mungkin.  Sekarang sudah terlambat untuk kamu menyesali perbuatanmu. Aku mungkin tidak sama lagi dengan yang kamu kenal dulu.  sakit hati telah membuat aku menjauh darimu. Benar-benar menjaga jarak dengan orang sepertimu.  Kamu tidak akan bisa mengenali aku yang dulu.  Percuma saja kamu ingin mengajak aku  kembali mengulang kisah kita, walaupun kamu menangis darah dihadapku sekalipun aku tidak akan pernah mau.. Aku sudah tidak memperdulikan perihal tentangmu lagi.  perasaanku sudah benar -benar mati untukmu. Bagiku, kembali pada cinta yang lama adalah hal terbodoh dalam hidupku.  Sekarang kamu nikmati saja penyesalanmu itu. Dan biarkan aku berjalan sendiri mencari bahagiaku yang sebenarnya.  Kamu tidak perlu ikut campur.  Urus saja urusanmu. Sekarang aku dan kamu benar-benar telah selesai.
(By: Putri Rindang A.)

Senin, 29 Januari 2018

Telaga Love (Telaga Emfote) Jayapura Yang Memikat Hati

Telaga Love (Telaga Emfote) Jayapura Yang Memikat Hati
Jayapura, sekilas ketika Kota itu di sebut pasti kita memiliki bayangan tersendiri bagaimana keunikan daerah Indonesia Bagian Timur itu. Bukan hanya terkenal dengan Tambang Emasnya yang besar dan rumah adatnya yang menjadi maskot kedaerahan, tetapi Jayapura juga memiliki potensi wisata yang bahkan bisa menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung. Sesekali saya ajak kalian untuk jalan-jalan di Indonesia bagian timur ini gaes meskipun jalan-jalannya hanya sebatas lewat bacaan dan melihat gambar saja. Setidaknya sekejap kita dapat bertamasya jiwa dengan imaginasi kita melalui sesuatu yang kita baca ataupun kita dengar, hihihii. Dan siapa tahu dengan gambaran imaginasi kita ini, membuat kita mematri minat dalam hati untuk segera berekspedisi menjelajahi daerah Indonesia Bagian Timur. Cuzzz, siapa yang nggak mau, mau lah kalau saya, bisa menjelajahi Indonesia gitu, biar kita tahu betapa kaya keanekaragaman Indonesia terutama potensi-potensi wisatanya.  Dan kali ini ulasan saya jatuh pada salah satu tempat wisata di Jayapura yang akhir-akhir ini menjadi primadona wisatawan untuk menikmati liburan  Yaitu Telaga Love atau Danau Cinta atau Telaga Emfote. Weww, kenapa banyak amat namanya ya.? Apalah arti sebuah nama, yang penting mari kita lihat saja keindahannya.
Telaga Love (Telaga Emfote) Jayapura Yang Memikat Hati
Telaga Love atau Danau Cinta, dan penduduk setempat menyebutnya dengan nama Telaga Emfote (bahasa penduduk lokal), sesuai dengan namanya yang mengusung kata Cinta, danau ini mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan simbol cinta. Sudah tau simbol cinta kan? Bukan hal yang asing lagi bagi kita untuk mengenal simbol cinta yang berbentuk hati (emak saya saja tahu gaes kalau simbol cinta itu berbentuk hati, masak kalian nggak tahu). Danau Cinta/Telaga Emfote ini diapit oleh perbukitan hijau yang luas dan pastinya menyampaikan kesan romantis begitu mendalam ketika dikunjungi oleh sepasang kekasih, suami-istri, ataupun para jomblo yang sedang mendalami makna cinta (Jomblo mendalami makna cinta? Sumpah Nggak jelas banget ini maksudnya. Haha. Sudah jomblo, mendalami makna cinta pula. Ngenes mblo mblo). Danau berbentuk hati yang memiliki keindahan luar biasa ini akan terlihat begitu jelas apabila dinikmati dari bukit yang mengelilinginya. Tidak kalah menarik juga, spot foto yang kita peroleh dengan background danau bentuk hati dari atas bukit pasti akan menambah koleksi foto kalian semakin mengagumkan. Tidak heran apabila banyak juga yang memanfaatkan Danau Cinta ini sebagai Tempat pengambilan foto PraWedding, (jleb, yang jomblo mohon bersabar, ini ujian).
Telaga Love (Telaga Emfote) Jayapura yang Memikat Hati
Bukit Menghijau Telaga Emfote Ala- Ala Padang Rumput
Menurut penuturan sang narasumber, eeaaaak, Danau Cinta atau  Telaga Emfote ini bisa dijangkau dengan menggunakan transportasi darat maupun air. Untuk akses jalan melalui darat, kita bisa menjangkau Danau Cinta/Telaga Emfote menggunakan motor ataupun mobil dengan estimasi lama perjalanan sekitar 1,5 jam dari Kota Abepura. Dari Kota Abepura langsung saja kita berangkat menuju lokasi Danau Cinta / Telaga Emfote dengan kendaraan kita masing-masing, biaya masuk Danau Cinta  ditarik karcis dengan harga per motor sebesar 20ribu rupiah, sedangkan untuk satu mobil sebesar 40ribu rupiah. Yang perlu diketahui oleh kalian-kalian yang mau berkunjung ke Danau Cinta / Telaga Emfote, Disana belum disediakan fasilitas umum seperti toilet ataupun warung-warung makanan, jadi jangan lupa bawa bekal makanan terutama minuman yang cukup jika berkunjung ke Danau Cinta/Telaga Emfote  gaes. Nah, itu adalah proses perjalanan apabila ditempuh menggunakan transportasi darat. Sekarang kalau proses untuk menuju Danau Cinta / Telaga Emfote melalui transportasi air gimana? Untuk akses jalan melalui air, kita harus melaluinya dengan transportasi penyeberangan ,jadi tempat pertama yang harus kita tuju ketika memilih akses jalan melalui air ini adalah  Dermaga Yahim, yang terletak di sebelah selatan Pasar Sentani Lama.  Kendaraan yang kita pakaipun bisa kita parkir  di tempat parkir Dermaga Yahim.! jadi jangan bingung-bingung mau naruh kendaraan dimana kalau kita memilih akses jalan menggunakan transportasi air.
Perjalanan menuju Danau Cinta dimulai dari dermaga, kita diharuskan untuk naik speedboat atau perahu kecil yang sudah disediakan oleh penjual jasa penarik perahu di dermaga dengan lama perjalanan penyeberangan sekitar 5-10 menit. Biaya yang kita keluarkan untuk menyewa perahu itu sekitar 15ribu untuk satu orang, kalau menurut saya sih 15ribu itu bukan suatu biaya yang mahal untuk ukuran para penikmat alam jika dibandingkan keindahan alam yang nantinya ditemukan sepanjang penyeberangan. Tetapi jangan gembira dulu karena sudah menikmati sensasi menaiki perahu dan melakukan penyeberangan ya gaes. Setelah turun dari perahu penyeberangan, kita akan dihadapkan pada akses jalan sepanjang 2 km untuk ditempuh dengan trekking alias jalan kaki. Nggak apa-apalah, jalan kaki sepanjang 2 km itu bukanlah jalan yang terlalu panjang dan berat, heuheuheu, masih beratan usaha kita buat melupakan panjangnya kenangan sama mantan, ehh mulai nglantur. Mungkin waktu tempuh trakkingnya hanya akan memerlukan waktu sekitar 30 menit karena kondisinya medan full landai dan tidak ada tanjakan sama sekali. Nikmati saja setiap detik perjalanan yang kita lewati ketika menuju tempat baru, apalagi bila di sepanjang jalan kita bercanda-ria dengan teman-teman seperjalanan, waktu 30 menit itu nggak bakalan terasa lama. Saya jamin deh.!
Untuk akses jalan antara darat dan laut sebenarnya memiliki lama perjalanan yang hampir sama, tetapi kalau saya pribadi sebagai seorang penikmat alam yang menyukai tantangan, pastinya akan lebih tertantang dan memilih menjangkau Danau Cinta / Telaga Emfote ini dengan menempuh akses jalan melalui air. Dan ternyata, narasumber saya pun juga memilih akses jalan melalui air untuk menuju danau Cinta ini (cie samaan cie), kata masnya sih lebih seru dan menantang karena kita akan melewati rumah apung penduduk local yang berjajar rapi ketika melakukan penyeberangan. Duh jadi semakin tertarik untuk menyambangi Indonesia Bagian Timur, dan menjelajahi setiap daerahnya, hihihi. Apa kalian tidak tertarik dengan keindahan-keindahan seperti ini? Ayo eksplore kekayaan wisata Indonesia, tanpa merusak keseimbangan lingkungan.!
Perjalanan Melalui Air
Telaga Love (Telaga Emfote) Jayapura Yang Memikat Hati
Trakking Setelah Penyeberangan
Telaga Love (Telaga Emfote) Jayapura Yang Memikat Hati
My Narasumber


Sejauh apapun langkah kakimu pergi, jangan lupa bawa sampahmu kembali.!
Bagaimanapun juga alam pun ingin disayangi..
Supaya anak cucu kita bisa ikut menikmati..
Keep Traveling dan Mari Sayangi Lingkungan!

Minggu, 28 Januari 2018

Candi Penampihan, Wisata Sejarah Di Kota Tulungagung

Candi Penampihan, Wisata Sejarah Di Kota Tulungagung
Tulungagung merupakan suatu kota di ujung selatan yang mempunyai beragam peninggalan situs bersejarah. Dari benda-benda bersejarah yang ditemukan, menjadi suatu bukti otentik bahwa Tulungagung adalah daerah berkembang di masa Kerajaan terdahulu. Salah satunya adalah ditemukannya situs sejarah Candi Penampihan. Candi yang letaknya di lereng gunung wilis ini membawa bukti kuat kalau Tulungagung termasuk kota terpilih yang menjadi tempat bersemayam para raja dan ratu. Sebenarnya bukan hanya Candi Penampihan saja situs sejarah yang ditemukan di Tulungagung, ada beberapa candi lain peninggalan Kerajaan Majapahit yang juga menguatkan bukti Tulungagung benar-benar menjadi saksi kehidupan jaman Kerajaan. Candi Penampihan adalah candi hindu kuno peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi yang terletak di Desa geger, Kecamatan Sendang ini dapat dijangkau dengan perjalanan sekitar kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota Tulungagung. Sedikit sejarah tentang Candi Penampihan, yaitu arti Penampihan berasal dari Bahasa Jawa yang artinya adalah Penerimaan (Nampi=Nampa=Nerima). Tetapi yang saya dengar, dari makna Penampihan yang arti bahasa jawanya adalah penerimaan itu memiliki dua versi arti yang berkembang yaitu, antara penolakan dan penerimaan yang bersyarat. Namun jika ditelaah lagi dari kata Penampihan, saya lebih setuju dengan arti Penampihan sebagai Penerimaan. 
Waktu itu, bulan puasa saya dikabari oleh teman bahwa  Komunitas kita mempunyai agenda camping ceria di Candi Penampihan. Sebenarnya saya galau antara berangkat dan tidak. Karena tahu sendiri, untuk menjangkau Candi Penampihan diperlukan tenaga ekstra sepanjang perjalanan, perjalanan ekstra dalam menjoki montor maksudnya, hihi. Karena daerah Kecamatan Sendang adalah daerah dataran tinggi yang saya dengar saat itu memiliki akses jalan yang kurang bagus. Yaaa hanya bermodal nekat dan ingin ngenyari keril baru saya, akhirnya sayapun memutuskan berangkat atas persetujuan Ibu saya. Jangan tanya saya berangkat dengan siapa, kalau berangkatnya sama mas Imam dan Mbak Yetti (sejoli fenomenal yang serasi banget), tetapi berkendaraannya saya tetap naik motor sendiri menaklukkan akses jalanan Sendang yang aspalnya rusak dan penuh tanjakan cinta, hissss. Untung motor saya sehat dan bisa saya ajak kompromi. Karena memang, jalan yang kita tempuh menuju Candi Penampihan benar-benar rusak (penuh batu-batuan besar sekepala manusia), itu yang bagian atas yaaa, yang sudah hampir mendekati Candi. Saya kurang tahu, mengapa masih ada akses jalan dengan kondisi rusak separah ini. Padahal jalannya juga menjadi jalan umum yang dilewati penduduk setempat (miris dalam hati membayangkan bila saya berdomisili disitu,hihihi).
Candi Penampihan, Wisata Sejarah Di Kota Tulungagung
Lapangan Candi Penampihan
Candi Penampihan, Wisata Sejarah Di Kota Tulungagung
Suasana Malam Candi Penampihan
Setelah berkutat 1,5 jam di perjalanan akhirnya kita sampai di Candi Penampihan. Dan ternyata di depan Candi Penampihan itu terdapat lapangan yang cocok digunakan sebagai area campground. Disitulah sasaran kita untuk bermalam mendirikan tenda. Untuk kebutuhan air disana tidak ada yang perlu dikhawatirkan, di sana sudah disediakan toilet gratis yang terawat dengan air yang langsung diperoleh dari sumber mata air menggunakan selang. Duhhh, yang paling tidak pernah saya lupa sampai sekarang, keadaan airnya itu dingin banget gaes. Sampai saya mikir, gimana kalau saya tinggal di Sendang, pasti banyak nggak mandinya, hahahaa, konyol. Tetapi sensasi dingin yang kita dapat dari air selang yang langsung dari sumber mata air itu membawa kesegaran tersendiri, dan membuat saya merindu untuk merasakan sensasi dinginnya lagi. Bukan hanya ada lapangan yang lumayan luas, dan toilet yang memadai, pagi hari ketika kita membuka mata kita akan disambut kabut yang memeluk tubuh kita. Memang dingin sih, tapi saya jamin kalian yang berkunjung kesini dan merasakan camping disini bakalan kangen dengan sensasi-sensasi yang ditawarkan. Kita juga bisa berjalan-jalan di kebun teh yang kebunnya tersebut tidak terlalu luas, setidaknya akhirnya saya tahu bagaimana wujud tanaman teh yang asli sebelum mengalami proses pengolahan, hihi. 
Candi Penampihan, Wisata Sejarah Di Kota Tulungagung
Kebun Teh Candi Penampihan
Candi Penampihan sangat dekat dengan lokasi lapangan yang menjadi area campground kita. Jadi kita hanya tinggal melangkah sebentar, menapaki jalan beberapa menit saja untuk melihat-lihat bagaimana wujud candi penampihan itu. Tapi sayang, karena kita kepagian sekali jalan-jalannya gerbang untuk masuk ke Candi Penampihan masih dikunci. Jadi kita tidak tahu detailnya Candi Penampihan. Kita hanya bisa melihat dari luar gerbang saja. 
Akhirnya karena langit tiba-tiba gelap dan menunjukkan kemuramannya, kita semua bergegas berkemas-kemas barang untuk segera turun dan pulang. Lalu tiba-tiba salah satu teman mengusulkan ide untuk sekalian mengunjungi Kebun Bunga Sendang yang waktu itu lagi ngehits-ngehitsnya. Okelah, kita pun banyak yang menyetujui, karena Kebun Bunga Sendang berada satu desa dengan Candi penampihan, dan kita melewatinya ketika berangkat maupun pulang. Jadi sayang dong kalau kita tidak sekalian mengunjunginya. Biar bisa ikut kekinian kayak anak-anak hits itu (eling umur mbak bro, haha). Setelah asyik foto-foto kita sepakat untuk segera pulang, melihat mendung yang semakin tebal dan tinggal hitungan menit langit menangis.
Candi Penampihan, Wisata Sejarah Di Kota Tulungagung
Kebun Bunga Sendang
Candi Penampihan, Wisata Sejarah Di Kota Tulungagung
Ketemu Sama Si Cantik Bunga Hydrangea Di Kebun Bunga Sendang
Dan karena semua personil berbakat menjadi dukun (haha), prediksi cuaca kita benar. Berjalan sekitar setengah jam, hujanpun turun. Kita berhenti sebentar lalu memakai mantel hujan sendiri-sendiri dan melanjutkan perjalanan kita hingga sampai rumah. Meskipun besoknya saya harus demam dan terserang flu karena telat pakai mantel waktu hujan turun dan reaksi ketidak cocokkan tubuh saya terhadap dinginnya suhu disana, tetapi hal demikian itu tidak membuat saya kapok untuk melakukan perjalanan lagi. Apalagi perjalanan menghasilkan sesuatu yang baru di hidup saya, seperti pengetahuan tentang Candi Penampihan, bagaimana bentuk tanaman teh sebelum mengalami proses pengolahan, serta mengenal tempat-tempat yang baru. Saya rekomendasikan Candi Penampihan ini menjadi tujuan wisata sejarah bagi kalian yang ingin bermain sambil belajar (terutama buat anak-anak daerah Tulungagung), karena tidak hanya Candi Penampihan saja yang bisa kita kunjungi di Sendang. Banyak wisata-wisata buatan dan wisata alam lain yang dapat kita masukkan ke dalam daftar perjalanan ketika berwisata di Sendang. Jadii, kapan kalian berkunjung ke Candi Penampihan? 
Candi Penampihan, Wisata Sejarah Di Kota Tulungagung

Sejauh apapun langkah kakimu pergi, jangan lupa bawa sampahmu kembali.!
Bagaimanapun juga alam pun ingin disayangi..
Supaya anak cucu kita bisa ikut menikmati..
Keep Traveling dan Mari Sayangi Lingkungan!

Sabtu, 27 Januari 2018

Bila Pertemuan Berujung Perpisahan.!

Bila Pertemuan Berujung Perpisahan
Bukan tidak lagi jika harus melepaskan sesuatu yang sekian lama bersama adalah suatu hal yang sangat berat. Disitulah keikhlasan kita dalam merelakan sesuatu yang mungkin tidak menjadi bagian kita teruji. Siap tidak siap, mau tidak mau, ketika kita berada pada episode perpisahan atas kehendak Tuhan, maka kitapun terpaksa harus menjalaninya meski awalnya sangat luar biasa berat. Tetapi terkadang berakhirnya suatu hubungan menyebabkan terjadinya perdebatan sengit diantara keduanya, dan tidak jarang memicu tercetusnya perang status yang merajahi beranda media sosial (mungkin ini salah satu fungsi dari media sosial, menjadi tempat pelampiasan curhat dadakan, hihi). Pasca suatu hubungan berakhir, sebenarnya menyisakan 2 pilihan. Satu tetap menjalin komunikasi yang baik (seperti halnya sebelum menjalin hubungan) dan kedua adalah pergi menghilangkan jejak untuk menghapus kenangan. Bagaimanapun pilihan yang dipilih, saya rasa itu pasti terbaik bagi yang memilih. Karena sebelum memutuskan menentukan pilihan, pastinya sudah tahu langkah apa yang harus ditempuh serta konsekuensi apa yang akan diterima nanti. Ada beberapa orang yang memilih untuk tetap menjalin komunikasi yang baik, selayaknya sebelum menjalin hubungan dan akhirnya berpisah. Hal ini bisa saja terjadi, yang menurut saya karena perpisahan keduanya tidak menimbulkan konflik yang menyakitkan. Namun tidak sedikit pula yang memilih pergi untuk menghapus kenangan. Yaaaaa walaupun terkadang keputusannya pergi itupun dilakukannya sepihak. Saya rasa yang demikian itu dilakukan supaya tidak memperburuk keadaan, iya keadaan dia sendiri, hehee. Dia yang memilih pergi, kebanyakan melakukan aksi yang terkadang dipandang kekanak-kanakkan oleh orang dewasa, yaitu salah satunya dengan memasukkan ke dalam daftar hitam semua akun media sosial mantan alias di blokir (pernah jadi korban blokir yang terisolir). Tidak hanya disitu, semua akun media sosial mantan di blokir, di unfoll, di unfriend, namun masih saja nekat stalking dan entah dengan akun media sosial yang mana lagi, (ciaaa ciaaa, pengalaman). Sebenarnya memang tidak ada yang salah dengan stalking, tapi catatannya adalah kita kuat atau tidak membaca status mantan yang terkadang terkesan berpura-pura bahagia/mengkuat-kuatkan. Ingat yaaa, dia stalking kita itu suatu hal yang lumrah, biarkan saja kalau dia masih mau mencari tahu soal kita, tetapi kesalahan besar terjadi pada kita apabila kita tidak stalking si mantan namun justru masih suka membicarakan dia kepada siapa saja. Rugi besar woooiii, nggak ada untungnya sama sekali. Duhhh, apalagi sampai berbalas status dengan si mantan, tobat gaes tobat, ini jaman kita tidak lagi selevel ABG-ABG kekinian. Hahahaha. Kacau-kacau.
Kembali pada pertemuan yang berujung perpisahan. Suatu hal ketika seseorang memutuskan pergi dengan sengaja dari hidup kita, kita tidak perlu mengejarnya lagi. Bukan karena seseorang itu tidak lagi penting buat hidup kita, tapi percayalah, apabila seseorang itu menginginkan kita ada dihidupnya, maka dia akan tetap tinggal dan tidak memilih pergi (termasuk tidak memblokir kontak akun media sosial kita, hihi). Kalaupun dia keukeuh menginginkan untuk pergi, kita bisa apa kecuali merelakannya. Memang sih hal itu akan menyakitkan, namun anggap saja kepergian yang dia lakukan itu layaknya kematian (cinta juga bernyawa, jadi bisa saja cinta itu mati). Selepas kepergian itu kita akan mengalami masa-masa berkabung, disitulah fase kegalauan yang hanya diri kita sendiri yang mampu mengontrol dan melewatinya dengan baik-baik saja atau malah sebaliknya. Wajarlah jika sementara kita terbelenggu dengan bayangan-bayangan setelah kepergian. Bukankah memang seperti itu proses adaptasi layaknya ditinggal pergi karena kematian? Sekali lagi cinta punya nyawa, cinta juga bisa mati. Semua dari-Nya akan kembali kepada-Nya bukan hanya sebatas slogan. Termasuk dalam hal mencintai seseorang. Tak perlu risau perkara kepergian. Tugas kita hanya menjadi makhluk sebaik makhluk, memberikan yang terbaik dan menerima kehendak Tuhan.
Tidak ada yang keliru jika pada akhirnya pertemuan berujung perpisahan. Yang perlu kita ketahui bahwa tidak akan ada yang kekal di bumi ini. Kenyataan terburuk dari sebuah pertemuan adalah perpisahan, seperti kata pepatah "Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan". Tuhan menghendaki suatu perkara bukan tanpa alasan. Jadi percaya saja kepada sebaik-baik pengatur di bumi ini.!
Ketika Tuhan mengambil emas yang kita miliki, maka DIA akan menggantinya dengan berlian. Begitu pula, ketika Tuhan memisahkan suatu yang baik dari diri kita, maka DIA akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik. Yakini ini.!

Jumat, 26 Januari 2018

11 Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil

 Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
Ide Bekal Makanan

Pernah nggak bunda-bunda ngalamin mengapa si kecil itu susah makan. Padahal sudah dimasakin enak-enak dan penuh variasi jenis makanan, namun tetap saja penyakit susah makan itu menjangkit kepada buah hati kesayangan bunda. Dan yang terkadang paling bikin jengkel, pada saat kita bawakan bekal makanan untuk si kecil, eeee bekalnya utuh sampai kembali ke rumah. Kira-kira apa ada yang salah dengan masakan kita yaa? Atau mungkin si kecil kurang tertarik dengan masakan yang itu itu saja. Nah, karena saya tahu betapa jengkelnya ketika memberikan bekal makanan untuk si kecil namun kembali kerumah dengan bekal yang masih utuh pula, akhirnya jalan pikiran saya terbuka untuk membuat artikel ini, siapa tahu bisa membantu bunda-bunda di rumah untuk berkreasi mengubah tampilan bekal makanan si keci.
Iseng-iseng kemarin saya membuka instagram, iseng-iseng berhadiah maksudnya (iseng-iseng yang bermanfaat). Lalu pucuk dicita dan akun yang memposting tentang kreasi bekal makanan pun tiba, saya nemu akun yang isinya bikin terang mata soal tampilan makanan. Wowww, keren, unik, dan menarik binggo. Saya berani jamin, kalau bunda-bunda menyiapkan bekal makanan ini untuk si kecil, dia pasti sayang untuk memakannya, hahahahaa, nggak jadi makan dong. Bukan itu bukan, si kecil mungkin lebih tertarik dengan tampilan hasil kreasi bekal makanan yang bunda-bunda buat,, alhasil bekal makanan yang dia bawa pun akan tinggal tempatnya saja ketika sampai rumah nanti. Cuma dalam hati kecil saya penuh kegundahan dengan beribu pertanyaan klasik bisa nggak kita menerapkannya? Sebenarnya bukan soal bisa atau nggaknya sih, bisanya pasti bisa, tetapi lebih ke niat atau nggak itu yang sangat penting. Iyaaaaa kaliii, segala sesuatu yang akan kita lakukan kan tergantung dari niat. Hahaa. Duh berlagak bicara soal niat.! Emang sudah dicoba kreasi bekal makanannya? Belum sihh. Hehe. Tetapi meskipun sampai sekarang saya belum menerapkannya, saya ingin berbagi kepada bunda-bunda semuanya, siapa tahu bunda-bunda yang mempunyai niat sekuat baja bisa segera menerapkannya. Dan jangan lupa, kasih tahu saya akan hasilnya, biar saya juga semakin bisa memantapkan niat untuk membuatkan kreasi bekal makanan untuk si kecil. Yaaaaaa walaupun si kecil yang saya miliki itu adalah keponakan, hitung-hitung simulasi jadi Ibu Rumah Tangga yang baik lah. Hihihi.
Nah, Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil ini saya adopsi dari akun Instagram mbak @meli_engku. Silahkan di stalking sendiri deh, hasil karya tangan kreatif Mbak @meli_engku patut diacungi jempol, karena menyulap bekal makanan yang awalnya biasa menjadi luar biasa loo. Duhh, contoh-contoh Super Mommy ini. Kreasi Bekal Makanan yang dibikin mbak @meli_engku ini kaya akan variasi yang sangat cocok untuk  diterapkan oleh bunda-bunda yang si kecilnya masih duduk di Taman Kanak-Kanak maupun Sekolah Dasar. Yukk simak, bagaimana hasil tangan kreatif Mbak @meli_engku menyajikan Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil:
  1. Kreasi Bekal Makanan Pertama terdiri dari: Nasi Gulung, Roti Ovomaltine, Mangga, dan lengkap dengan permennya.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  2. Kreasi Bekal Makanan Kedua terdiri dari: Nasi, Soto kuning + telur, roti unyil, susu dan yang tidak ketinggalan adalah coklat+permen.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  3. Kreasi Bekal makanan ketiga ada Nasi kuning, ayam goreng, telor iris, banana cake dan koko krunch bar.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  4. Kreasi Bekal makanan keempat ada mie ayam bakso, nasi, ayam goreng, telor dadar iris, creckkers dan permen.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  5. Kreasi bekal makanan kelima adalah nasi, tim telor, sop, bakpao, kue mangkok dan yakult.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  6. Selanjutnya kreasi bekal makanan unik keenam karya mbak melli_engku, terdiri dari nasi + mie goreng, otak-otak, mangga, roti lapis ovomaltine, dan teh kembang.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  7. Kreasi bekal makanan ketujuh ada nasi, opor ayam + telor, roti gulung strawberry + ovomaltine, bolu serta yang sering tidak ketinggalan adalah gummy.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  8. Dan kreasi bekal makanan yang kedelapan ini agak unik sekali jenis-jenisnya, yaitu terdiri dari nasi, dori salted egg yolk (bahasa kecenya dori saus telor asin), pie susu, pasta carbonara, dan susu.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  9. Tidak semua jenis bahan-bahan kreasinya harus unik-unik dan sulit dicari lo, kreasi bekal makanan yang kesembilan ini lumayan bersahabat dengan jenis makanan sehari-hari kita (hahaha, maklum saya orang desa), terdiri dari Nasi kuning, ayam goreng, balado terong+telor, timun dan air putih.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  10. Kalau si kecilnya suka sama jus alpukad, boleh juga tuh dimasukkan ke dalam list bekal minuman buat si kecil. Nah, sandingkan jus alpukad dengan nasi, chicken wing, roti kacang, cookies, puding, dan yoghurt.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
  11. Untuk Kreasi bekal makanan yang kesebelas ini bisa bunda-bunda terapkan apabila bunda bangun kesiangan dan tidak sempat masak memasak, ada mie pangsit, roti tawar pandan keju, cookies, buah pepaya / melon.
    Kreasi Bekal Makanan Untuk Si Kecil
Bagaimana bunda? Apakah bunda memiliki ketertarikan untuk menerapkan kreasi bekal makanan diatas. Yang saya tahu, dengan tampilan bekal makanan yang menarik, si kecil pun akan semakin semangat untuk menghabiskan makanannya. Namun bagi saya pribadi, kreasi bekal makanan diatas itu hanya konsep saja, tidak semua bahan makanan yang digunakan harus bunda gunakan juga untuk mempercantik tampilan bekal makanan. Karena setiap anak memiliki makanan kesukaan yang berbeda-beda, dan kitapun juga tidak mempunyai pasokan banyak bahan makanan seperti diatas. Jadi ,kita bisa mengganti jenis bahan yang digunakan diatas dengan bahan makanan yang disukai si kecil ataupun yang bunda punya. Tidak perlu diperrumit, karena sebenarnya semua itu sangat mudah asal kita bisa mensiasati, dan kembali lagi tergantung seberapa besar niat kita membuat kreasi bekal makanan untuk si kecil. Yukk Jadi Super Mommy.!


Dan dibawah ini saya sisipkan resep dori salted egg yolk atau istilah lainnya dori saus telor asin buat bunda-bunda yang penasaran:

Bahan-bahan:

500 gr Ikan Dori Fillet
1 butir Telur
Secukupnya Lada bubuk
Secukupnya Garam

Bahan Tepung:
6 sdm Tepung Terigu
3 sdm Tepung Tapioka
3 sdm Tepung Bumbu Serbaguna
Secukupnya Garam
Secukupnya Bon Cabe

Bahan Saus Telur Asin:
3 siung Bawang Putih
3 siung Bawang Merah
3 butir Telur Asin
200 mL Air

Langkah Pembuatan:
  1. Potong ikan dori memanjang dengan lebar +/- 1 jari.
  2. Lumuri ikan dori dengan telur, lada dan garam. Biarkan +/- 10 menit.
  3. Masukkan jadi satu ke dalam wadah: tepung terigu, tepung tapioka, tepung bumbu, garam dan bubuk cabe. Aduk hingga rata & homogen.
  4. (Balut ikan dengan tepung) Ambil potongan ikan dori satu persatu dan masukkan ke dalam campuran tepung (3). Letakkan dalam wadah. Lakukan hingga semua potongan ikan habis.
  5. Panaskan minyak. Goreng ikan dori yang sudah dibalut tepung (4) hingga matang & keemasan (pakai api kecil). Tiriskan.
  6. Buat adonan saus telur asin: kupas telur asin, ambil kuningnya saja
  7. Kupas, cuci dan potong bawang putih, bawang merah. (Sisihkan sedikit bawang putih untuk menumis ikan)
  8. Campur bahan (6) & (7), tambahkan air 200ml, blender jadi satu sampai smua tercampur rata & homogen.
  9. Panaskan minyak. Tumis sedikit bawang putih yg sudah disisihkan.
  10. Masukkan saus telur asin (8), aduk hingga berbusa, masukkan ikan (5). Tambahkan garam hingga dirasa pas. Tambahkan daun bawang.
  11. Matikan api. Pindahkan makanan kedalam wadah. Taburi wijen atau parutan keju diatasnya.
Dori saus telur asin siap dihidangkan & dinikmati. Yummy. (Diambil dari www.cookpad.com)

Kamis, 25 Januari 2018

Tips Tetap Segar Saat Bekerja Lembur

Tips Bekerja Lembur Supaya Tetap Segar
Bekerja lembur merupakan Kerja ekstra yang memerlukan stamina prima dan konsentrasi penuh. Tetapi terkadang tanpa kita sadari bekerja lembur yang terlalu dipaksakan dan berlebihan apalagi sampai berhari-hari ternyata beresiko menyebabkan berbagai penyakit. Bisa jadi diabetes, jantung, insomnia, sampai stress adalah penyakit yang bisa mengintai siapa saja para pekerja lembur. Tapi bagaimana jika pekerjaan mengharuskan kita untuk menyelesaikannya hingga larut malam bahkan shubuh? Jangan khawatir, masih bisa disiasati. Asal kita peka dan pandai menjaga kondisi tubuh kita, kesegaran ketika bekerja lemburpun bisa kita rasakan. Berikut Tips Tetap Segar Saat Bekerja Lembur:
  1. Makan Makanan Sehat. Ketika kita menjalani aktivitas seperti bekerja lembur, sangatlah penting bagi tubuh untuk mendapatkan asupan makanan-makanan sehat. Sayuran menjadi sasaran utama yang bisa kita konsumsi, seperti bayam, brokoli dan buah-buahan bernutrisi tinggi. Hindari makanan berminyak karena menghambat pencernaan dan membuat tubuh justru akan semakin cepat lelah. Makanan berminyak juga mengandung kalori dan kolestrol tinggi sehingga rentan memicu penyakit menyerang tubuh kita. Kalau memang ingin mengemil, pilihlah makanan ringan yang mengandung nutrisi. Memang tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi makanan ringan saat bekerja lembur. Hanya saja, dalam memilih camilan hindarilah kudapan dengan rasa manis. Kandungan gula berlebih bisa meningkatkan berat badan secara cepat. Jadi tidak sembarang makanan bisa kita makan agar tetap segar saat bekerja lembur. Karena bagaiamanapun juga, kesegaran tubuh sangat diperlukan selama melakukan aktivitas lembur. Jangan sampai tubuh tumbang sebelum tugas lembur selesai. 
  2. Batasi Konsumsi kopi. Nah, bagi yang terbiasa lembur, saya rasa kopi sudah dianggap menjadi sahabat dekat yang setia menemani, karena sayapun juga demikian. Memang tidak dipungkiri kopi memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat, salah satu manfaat kopi yaitu diyakini ampuh untuk mengusir rasa kantuk. Tapi konsumsi kopi berlebih juga tidak baik untuk menemani bekerja lembur supaya tetap segar. Jadi ada baiknya kita minum secukupnya saja. Yang tahu kapasitas tubuh kita adalah diri kita sendiri. Tidak perlu memaksakan untuk meminum banyak kopi untuk menemani lembur. Karena beberapa orang mungkin sanggup untuk meminum kopi hitam berdosis tinggi dan membuat merasa segar bugar setelahnya. Namun tidak demikian untuk sebagian orang, meminum setengah cangkir saja terkadang bisa membuat tubuh gelisah dan sakit perut. Bermacam-macam variasi respon individual berbicara bagaimana efek kopi terhadap tubuh, karena Beda Orang, Beda Kebutuhan.
  3. Minum Air Putih Yang Cukup. Tips Tetap Segar Saat Bekerja Lembur yang paling tidak boleh terlupakan adalah meminum air putih. Air putih disebut-sebut sebagai obat mujarab pencegah datangnya penyakit. Bekerja lembur sering membuat tubuh kita kekurangan energi dan kandungan air. Nah, apabila kita menyepelekan konsumsi air putih saat bekerja lembur maka yang akan terjadi yaitu mengalami dehidrasi. Jika dehidrasi itu sampai terjadi, maka darah di dalam tubuh kita akan pekat. Akibatnya, penyakit pun dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Dengan memperbanyak minum air putih sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kita lebih segar. Selain itu, manfaat sisi lain air putih juga sebagai penepis rasa lelah. Dengan cara menyediakan satu botol air putih didekat kita, hal itu tidak akan membuat kita lalai untuk meminumnya. Cukup murah dan mudah bukan? Jangan sampai suatu hal yang sebenarnya mudah untuk dilakukan seperti minum air putih ini dilalaikan, hingga membawa dampak buruk untuk diri kita sendiri.
  4. Beristirahat Sebentar. Terlalu lama duduk saat bekerja lembur juga membuat tubuh terasa lelah. Kita bisa mensiasatinya dengan istirahat sebentar, barangkali 10-15 menit sudah dirasa cukup untuk membuat otak dan tubuh produktif kembali. Kita bisa mengisi waktu istirahat sebentar itu dengan refreshing sejenak, misalnya jalan-jalan keluar dari ruang kerja atau di sekitar ruangan, minum kopi, melihat pemandangan keluar jendela dan menikmati keindahan malam, dengan menikmati keindahan alam bisa saja kita mendapatkan inspirasi dan dapat menyegarkan pikiran ataupun menambah vitalitas / stamina tubuh. Atau bisa juga dengan melakukan gerakan senam ringan yang bisa membantu menghilangkan pegal-pegal / kekakuan otot selama duduk seharian. Dengan istirahat sebentar tersebut dan gerakan-gerakan ringan akan membuat tubuh tetap segar saat bekerja lembur sampai lemburpun selesai.
  5. Tidur. Jika benar-benar sudah lelah, maka satu-satunya cara yang tidak bisa kita hindari adalah pergi tidur. Berilah waktu untuk tidur setidaknya 2 jam setelah lembur. Waktu 2 jam tersebut bisa digunakan tubuh untuk mengembalikan energi yang terfosir. Dengan begitu kita bisa menolong diri kita sendiri supaya tetap segar saat bekerja lembur.
Sekarang kita tidak perlu risau lagi jika harus menghadapi kerja lembur. Karena dengan tips-tips yang saya tuliskan diatas dapat membantu tubuh kita tetap segar saat bekerja lembur, tanpa khawatir penyakit menyerang kesehatan. Bekerja lembur lancar, dan tubuhpun tetap segar.

Senin, 15 Januari 2018

5 Cara Merekatkan Hubungan Ayah Dengan Anak

Merekatkan Hubungan Ayah Dengan Anak
Beberapa hari yang lalu saya membaca story tante saya di whatsap mengenai ”Super Daddy”. Iyalah, saya tau sendiri bagaimana suami tante saya begitu menyayangi anak-anaknya dan berusaha berperan menjadi sosok ayah yang baik dengan berbagai cara yang menyenangkan untuk merekatkan hubungan dengan anak-anaknya.  Postingan story tante saya itu kurang lebih berisi kalimat seperti ini: Figur Ayah adalah figure cinta pertama bagi anak-anak perempuannya dan figure pahlawan (hero) bagi anak laki-lakinya. Oleh karena itu, peranan seorang ayah dalam pola pengasuhan dan perkembangan anak sama pentingnya dengan peranan ibu. Nah, disini saya menarik garis besar bahwa pola mengasuh anak tidak semata-mata menjadi tugas seorang ibu saja. Di zaman seperti sekarang ini, sudah tidak musim jika terlalu melekatkan persepsi bahwa seorang lelaki dalam rumah tangga tugasnya hanya bekerja, dan seorang perempuan dalam rumah tangga tugasnya hanya berdiam diri di rumah dan mengasuh anak. Kerjasama yang bagus dari kedua orang tua sangat diperlukan dalam rumah tangga untuk menghadapi zaman yang semakin hari semakin canggih. Peran ayah juga sebagai pengganti peran ibu. Apa yang ibu lakukan juga bisa dilakukan oleh ayah tanpa harus membeda-bedakan tugasnya. Melihat begitu pentingnya fungsi ayah dari sudut pandang anak-anaknya, maka sangat penting seorang ayah meningkatkan kerekatan hubungannya dengan anak. Untuk itu, dalam artikel ini saya akan berbagi beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para ayah untuk Merekatkan Hubungan  Dengan Anak:
  1. Merekatkan Hubungan Ayah Dengan Anak bisa dengan melakukan pekerjaan yang dipandang oleh masyarakat hanya ibu saja yang harus melakukannya. Misalnya mengganti popok ketika anak terjaga dari tidurnya (apabila anak masih bayi), membuatkan susu ketika si ibu tidur terlelap, mengantar anak ke kamar kecil atau membacakan buku cerita supaya anak tertidur lelap. Dan bukan hanya itu saja, bolehlah ayah menggantikan tugas ibu untuk memandikan anaknya yang masih kecil sambil bercengkerama dan bercanda, kemudian memakaikan baju lalu mengajaknya sarapan. Hal ini bisa dilakukan ayah di rumah supaya hubungan  dengan anak semakin terjalin.
  2. Cara berikutnya untuk Merekatkan Hubungan Ayah Dengan Anak. Salah satunya dengan mengantarkan anaknya ke sekolah. Pengalaman menjadi seorang ayah dengan anak pertamanya mungkin akan memberi sedikit gambaran betapa pentingnya kedekatan antara ayah dan anaknya. Misalnya , setiap kali seorang ayah pergi kerja atau pergi jauh yang memakan waktu beberapa hari, anak pertamanya selalu saja mengalami demam. Tetapi setelah ayah ini mengantarkan anaknya ke sekolah, anaknya tidak pernah lagi mengalami demam musiman. Bahkan anaknya semakin dekat dan lengket kepada ayahnya yang sebelumnya masih kelihatan takut-takut. Mungkin jika dipikir dengan logika, tidak masuk akal sekedar mengantarkan ke sekolah bisa mengusir demam dan merekatkan hubungan dengan sang anak. Untuk demam musiman, memang hanya mitos hubungan ayah dengan anak. Tetapi, kalau soal mengantarkan anak ke sekolah bisa merekatkan hubungan emosional tentu ada sebabnya. Ketika mengantarkan anak ke sekolah ayah dan anak dapat melakukan komunikasi yang efektif dan bermutu. Komunikasi yang bermutu itu bukan hanya merekatkan hubungan, tetapi juga akan memberi efek psikologis pada diri anak. Sejalan dengan itu, komunikasi yang bermutu akan membuat anak mempunyai mental, kepribadian bahkan fisik yang tangguh.
  3. Cara ketiga untuk Merekatkan Hubungan Ayah Dengan Anak bisa dilakukan dengan melakukan pertemuan yang bermutu. Untuk mewujudkan pertemuan yang efektif dan bermutu, terlebih dahulu lihatlah usia anak, tingkat perkembangan dan taraf kematangan anak. Sesibuk apapun aktivitas seorang ayah, pertemuan bermutu ini penting untuk dilakukan. Nah, perlakuan untuk anak usia prasekolah dan sekolah Taman Bermain, kelas 1 sampai kelas 4 Sekolah Dasar, pertemuan bermutu yang dilakukan pada dasarnya bermuatan permainan. Sedangkan untuk usia pra-remaja kelas 5 Sekolah Dasar sampai kelas 9 sekolah menengah, seorang ayah harus menempatkan diri sebagai fasilitator dan motivator.
  4. Merekatkan hubungan ayah dengan anak bisa dilakukan njuga dengan mengajak anak untuk bermain. Dunia anak adalah dunia bermain. Lewat bermain seorang anak bahkan dapat mempelajari sesuatu. Jean Piaget mengatakan bahwa kegiatan bermain dapat merangsang perkembangan kognisi anak. Bersamaan dengan perkembangan kognisi, tahapan bermain anak biasanya dimulai dari tahap sensori-motorik, simbolik (bermain khayal), hingga tahap bermain sosial dengan peraturan. Namun yang perlu diperhatikan dari cara ini adalah alat permainan yang disediakan. Bila anak masuk dalam usia pra-sekolah (3-4 tahun), sediakan saja boneka, robot, menara gelang dan papan mozaik sederhana, papan pasak sederhana, lembar berwarna-warni (untuk mengasah motorik halusnya) atau mendongeng untuknya. Bila anak masuk  usia sekolah (5-8 tahun), bisa dengan mengajak bermain peran/pura-pura, games, da puzzle ringan, papan hitung sederhana, atau permainan rancang bangun bisa dilakukan. Untuk anak usia pra-remaja (9tahun keatas), bisa mulai mengajak anak bermain papan catur, monopoli, dan puzzle.
  5. Cara terakhir untuk merekatkan hubungan ayah dengan anak adalah dengan menjadi Kawan Diskusi. Meski bisa dilakukan untuk anak berbagai rentang usia, aktivitas ini lebih cocok dilakukan untuk anak pra-remaja (9tahun keatas). Untuk anak usia pra-sekolah dan yang sudah sekolah, si ayah dapat mengajak anak melatih kemampuan visual-spasialnya dengan mengamati lingkungan di luar rumah, anak belajar mengenali - sekaligus melatih pengetahuan, berbagai tempat dan benda di luar rumahnya. Sambil mengantar ke Taman bermain atau Taman Kanak - Kanak dan berpergian kemana saja tunjukkan serta latihlah kemampuannya mengengenali, misalnya kendaraan bermotor, pom bensin, atau rambu dan lampu pengatur lalulintas. Berbeda dengan anak yang sudah memasuki pra-remaja. Sesuai dengan perkembangan intelektualitas dan emosinya- mulai pandai bicara, kritis, dan mulai memasuki masa puber - berdiskusi adalah cara paling efektif merekatkan hubungan dengan mereka. Bisalah dicoba untuk menanyakan dan berdiskusi berbagai hal, tentang sikapnya dirumah atau soal dunia remaja yang sedang tren. Bersikaplah sebagai pendengar, kawan dan fasilitator yang baik. Karena masa puber - peralihan dari kanak ke remaja - ini adalah masa kritis. Jika orang tua tidak mampu memenuhi kebutuhan psikisnya, bukan tidak mungkin anak akan mencari figur yang lain.
Baca Juga Artikel Terkait Untuk Menghadapi Anak Yang Mulai Memasuki Masa Remaja : 9 Tips Membangun Kedekatan Orang Tua Dengan Anak Remajanya
Begitulah beberapa pemikiran saya mengenai  cara merekatkan hubungan seorang ayah dengan anak yang bisa diterapkan oleh para ayah. Jangan hanya terpaku dengan pemikiran bahwa seorang ayah hanya bertugas mencari nafkah saja. Zaman sekarang sudah mulai kurang pas jika menganggap seorang ayah hanya mempunyai satu tugas yaitu bekerja. Seorang anak yang hidup di zaman modern seperti ini membutuhkan figur seorang ayah untuk menemani dan membimbing anak dalam mengikuti arus globalisasi. Disitulah peran Ayah dituntut menjadi sosok panutan yang besar dalam sebuah keluarga, dengan mengemban tugas Sebagai Panutan hendaknya seorang ayah menerapkan sikap yang baik sehingga menjadi suri tauladan yang baik pula untuk anak-anaknya. Maka dari itu, merekatkan hubungan ayah dan anak bahkan sedari dini itu sangat diperlukan. Siapa lagi yang di contoh oleh anak kalau bukan orang tua terutama ayahnya?

Jumat, 12 Januari 2018

Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas

Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas
Gunung Penanggungan - Pernah suatu hari saya sedang berbincang-bincang dengan teman saya mengenai kegiatan pendakiannya. Dengan PD-nya dia pamer hasil jepretan ketika dia mendaki di Gunung Penanggungan. Wowwww, saya dibuat terpesona oleh keindahan-keindahan dalam jepretan foto itu. Sampai mendadak saya mempunyai keinginan untuk mendaki ke Gunung Penanggungan  malam itu juga (maksudnya mendaki Gunung Penanggungan dalam mimpi, hiks). Tidak berhenti di dia saja. Beberapa hari lagi setelah ngobrol dengan dia, ada salah satu teman juga yang bercerita  tentang indahnya view yang disuguhkan oleh Gunung Penanggungan. Duhh, saya cuma bisa nebah dodo (sabar) menghadapi ujian-ujian kehidupan ketika teman menceritakan keindahan alam yang ditawarkan oleh suatu Gunung, dan dalam hati bicara "cah iki muk garai melek ae (anak ini cuma bikin pengen aja)". Tau lah, saya dengan keadaan anak perempuan satu-satunya, pasti akan sangat sulit  mendapatkan ACC untuk melakukan perjalanan jarak jauh tanpa disanding orang kepercayaan bapak ibuk (kode keras). Dan alhasil, karena keinginan saya yang belum tersampaikan, akhirnya saya nekat bikin tulisan ini. Siapa tahu setelah tulisan ini saya publikasikan, keinginan untuk mendaki Gunung Penanggungan Kesampaian. Iyaa, mendakinya sama kamu, ehhh. Informasi yang saya tulis disini, asli saya dapatkan dari teman yang setahun lalu dan beberapa Minggu kemarin menyambangi Gunung Penanggungan. Kecocokan jawaban dari keduanya adalah kepuasan tersendiri bagi saya sebagai penanya, hheee.

Banyak yang bilang Gunung Penanggungan terletak di Kabupaten Mojokerto. Namun, ternyata ketepatan letak Gunung Penanggungan ini berada di dua Kabupaten yaitu antara Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan, yang berjarak kurang lebih 55 km dari Surabaya. Gunung Penanggungan tergolong gunung kecil yang terletak dalam satu kluster dengan Gunung Welirang dan Gunung Arjuno yang jauh lebih besar. Tidak sedikit orang yang menyebut Gunung Penanggungan sebagai miniatur dari Gunung Semeru, karena pada hamparan puncaknya memiliki kesamaan berupa pasir dan batuan yang luas. Menurut keyakinan masyarakat Jawa Kuno, Gunung Penanggungan itu adalah salah satu bagian puncak Mahameru yang dipindahkan oleh penguasa alam. Dan yang paling menarik lagi adanya sejarah yang menyatakan bahwa Gunung Penanggungan termasuk salah salah satu gunung suci dari sembilan gunung suci yang terdapat di Pulau Jawa. Pastinya tidak dapat dibayangkan bagaimana kerennya bisa mendaki Gunung Penanggungan yang hanya memiliki ketinggian 1.653 mdpl namun serasa bisa mendaki Gunung Semeru. Jadi pengen cepat-cepat bikin agenda gaes, iya agenda naik pelaminan ehhh naik penanggungan.

Untuk perjalanan berkunjung ke Gunung Penanggungan, berangkat dari kota saya sendiri (Kota Tulungagung), memakan waktu sekitar 4-5 jam. Tergantung kondisi yang kita temukan saat perjalanan itu. Bila kondisi cuaca cerah dan jam pemberangkatan tidak molor, maka bisa saja kita sampai sana dengan durasi waktu 4 jam (Ahhh ketepatan waktu berkumpul itu sepertinya hanya sebatas mitos yaaa, pastinya ada juga satu dua orang dalam rombongan yang punya jam karet). Namun, apabila kondisi cuaca hujan, mungkin akan membuat perjalanan ke Gunung Penanggungan memakan waktu yang sedikit lebih lama. Untuk berkunjung ke Gunung Penanggungan terdapat beberapa rute yang bisa ditempuh. Tetapi informasi yang saya dapat dari teman saya kemarin, rute Pendakian Gunung Penanggungan yang mereka lalui adalah Jalur Trawas. Rute mendaki Gunung Penanggungan lewat Jalur Trawas pun memiliki beberapa jalur. Untuk pendakian yang dilakukan beberapa teman saya menuju Gunung Penanggungan, mereka memilih Jalur Trawas LMDH Tamiajeng yang terletak Desa Tamiajeng Kecamatan Trawas. Jalur pendakian Tamiajeng merupakan jalur yang paling ramai dilalui oleh para pendaki. Sehingga jalannya pun sudah kelihatan jalan setapak karena sering dipakai mondar-mandir dalam Pendakian Gunung Penanggungan. Dalam jalur Tamiajeng ini terdapat 4 pos yang berada di bawah puncak bayangan. Sehingga apabila dalam pendakian merasa kelelahan, bisa beristirahat sejenak dalam pos tersebut.
Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas
Nah, untuk pelaksanaan Pendakian Gunung Penanggungan ini di mulai dari registrasi pada Pos Registrasi dulu yaa. Dalam proses registrasi kita diwajibkan membayar simaksi sebesar 10ribu untuk satu orang. Bukan suatu pengeluaran biaya yang mahal sih menurut saya. Apalagi dengan keindahan yang nanti disuguhkan oleh Gunung Penannggungan, baik di sepanjang trek maupun keindahan ketika sudah sampai Puncak. Registrasi gunung Penanggungan ini berbeda dengan Registrasi pada Gunung - Gunung yang tinggi di Indonesia. Disini, kita tidak perlu meninggalkan kartu identitas sebagai jaminan masuk. Petugas Pos Registrasi Pendakian Gunung Penanggungan hanya mendata nama dan alamat lengkap kita, pastikan kita memberi keterangan dengan identitas kita yang asli gaes. Karena itu semua juga demi kebaikan kita sendiri. Setelah selesai pendataan, hal yang sama dengan gunung tinggi lain dan tidak tertinggal dalam pendakian gunung penanggungan ini adalah adanya breefing dari para petugas. Brefing yang materinya merupakan pengarahan mendaki Gunung Penanggungan dan sedikit gambaran mengenai medan menuju puncak gunung penanggungan, akan menjadi suatu bekal yang sangat penting dalam melakukan pendakian gunung penanggungan. Bukan hanya registrasi sebesar 10ribu per-orang saja biaya yang kita keluarkan, biaya yang lain adalah pembayaran parkir sebesar 10ribu juga per-motor.
Waktu pendakian menuju pos pertama dari  pos registrasi pendakian gunung penanggungan ini akan memakan waktu sekitar 30 menit trakking. Teman saya bilang, sepanjang trek Pendakian Gunung Penanggungan kita akan dihadapkan dengan medan yang penuh tanjakan. Nah, berbeda halnya dengan keadaan trek dari Pos registrasi menuju Pos 1, trakking pada tahap ini masih bisa dikatakan sebagai trakking pemanasan karena medannya masih lumayan landai. Kemudian setelah melepas lelah sekejap pada pos 1, kita bisa lanjutkan perjalanan menuju pos 2. Waktu yang ditempuh untuk menuju pos 2 sekitar 45 menit untuk waktu normal. Namun ada juga salah satu rombongan teman yang perjalanannya dari pos 1 menuju pos 2 memakan waktu sekitar 1 jam. Mungkin hal itu tergantung dengan kondisi fisik dan keadaan cuaca pula. Yang terpenting, dalam perjalanan seperti mendaki ini adalah kepedulian kita terhadap personil dalam rombongan. Tidak boleh memaksakan kekuatan seseorang, apabila salah satu teman ada yang tidak kuat, alangkah lebih baiknya ditemani untuk istirahat sebentar dan diberi motivasi. Untuk keadaan medan menuju pos 2 ini, kita mulai dihadapkan pada tanjakan-tanjakan kecil dan berbatu, hanya beberapa kali kita temukan medan yang landai. Jika kita sudah sampai pada Pos 2, kita bisa beristirahat melepas lelah sepanjang trak pada shelter yang tersedia disana. Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas ini tidak ditemukan sumber mata air, disarankan untuk membawa persediaan air yang cukup dalam rombongan. Nggak lucu kan ketika kita naik gunung tetapi melupakan kebutuhan primer sampai merepotkan orang lain. Utamakan kesehatan dan keselamatanmu gaes.
Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas

Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas
Setelah melepas lelah yang sementara juga di Pos 2, kita bisa memulai pendakian kembali menuju Pos 3. Siap-siap nih kita menghadapi pahitnya hidup tanjakan-tanjakan yang ekstrim. Pahitnya tanjakan menuju Pos 3 ini, akan dibayar tunai ketika kita sudah sampai puncak Gunung Penanggungan. Sudahlah, menghadapi kehidupan yang penuh tanjakan dan bikin jatuh bangun aja kuat, apalagi tanjakan menuju Pos 3, Insyaalloh kuattt. Jarak antara Pos 2 menuju Pos 3 ini sebenarnya dekat, tetapi karena jalurnya penuh tanjakan membuat perjalanan terasa jauh. Disinilah stamina kita teruji. Siapkan yang manis-manis untuk  mensuplay stamina supaya tetap kuat, madu misalnya atau minuman penambah ion tubuh. Sesampainya di Pos 3, kita bisa istirahat di shelter yang juga sudah tersedia disana. Sebelum memulai trakking lagi, pastikan tubuh kalian sudah benar-benar siap gaes. Karena medan yang ditempuh dari Pos 3 menuju Pos 4 akan sangat menguras tenaga. Jangan lupa usahakan supaya kekompakan tim terjaga, untuk tetap saling tolong menolong dalam perjalanan. Sesampai di Pos 4, dengan melewati medan yang terus menanjak dan waktu tempuh kurang lebih 1 jam, kita bisa istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan lagi. Pos 4 ini sudah menjadi Pos terakhir dalam Pendakian Gunung Penanggungan.
Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas

Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas
Usahakan jangan terlalu lama dalam meluangkan waktu untuk istirahat. Karena semakin lama waktu kita istirahat, tubuh akan malas untuk berjalan kembali. Dari pos 4, kita mulai perjalanan kembali dan menuju puncak bayangan. Waktu yang akan ditempuh tidak terlalu lama kok, kita hanya memerlukan waktu sekitar 30menit trakking. Dengan medan yang hampir sama seperti menuju Pos sebelumnya. Sedikit menanjak, berbatu dan berpasir. Namun, yang berbeda dari jalur menuju Puncak bayangan ini adalah keindahan yang ditawarkan sepanjang trak. Di jalur ini kita akan bisa melihat keindahan kota dan gunung-gunung lain yang ada di sekitar Gunung Penanggungan. nah, setelah 30 menit waktu kita tempuh, tibalah kita pada puncak istimewanya Gunung Penanggungan, yaitu Puncak Bayangan. Pada Puncak ini biasanya dimanfaatkan oleh para pendaki sebagai area campground sebelum menuju Puncak Gunung Penanggungan atau Puncak Pawitra. Ketika sudah sampai Puncak Bayangan nggak bakal bikin kalian bosan untuk lama-lama disana. Kok bisa? Yaaa bisalah, secara kita akan disuguhi oleh pemandangan gemerlap lampu kota yang sangat mempesona di malam hari dan background Gunung Welirang serta Gunung Arjuna di siang hari.
Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas
Ngopi Di Puncak Bayangan
Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas
Puncak Pawitra dari Puncak Bayangan
Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas
Boy Band Ketinggian, haha
Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas
Puncak Bayangan Gunung Penanggungan
Bagi para pendaki pemula ataupun pendaki yang hanya sekedar ingin melepas lelah dari aktivitas sehari-hari, mungkin sampai Puncak bayangan saja sudah cukup bisa menikmati keindahan alam Gunung Penanggungan ini. Namun berbeda hal-nya dengan pendaki yang ingin memeluk Puncak Penanggungan atau Puncak Pawitra, bisa di mulai berangkat trakking jam 3 atau 4pagi dari Puncak Bayangan. Semua barang besar bisa ditinggal di dalam tenda, dan cukup bawa tas kecil saja serta barang-barang berharga yaa gaes. Medan menuju Puncak Pawitra pun cukup menguras tenaga, karena tidak ada jalur landai untuk menggapainya. Jadi, waktu istirahat malam hari gunakan kesempatan itu sebaik mungkin. Jangan begadang, biar paginya fit buat submit ke Puncak Pawitra. Karena seperti mendaki Puncak Mahameru, kefokusan kita sangat di butuhkan. Hampir setiap pijakan adalah batu, baikibatu besar ataupun batu kecil yangf melekat dengan tanah. Soo, kita perlu waspada, yang ditakutkan adanya batu menggelinding dari atas. Sekitar 1jam perjalanan dari Puncak Bayangan kita sampai pada Puncak Pawitra. Kelelahan akan terbayar sudah. Kita bisa menikmati Golden Sunrise yang sangat memesona. Bukan hanya Golden Sunrise, kitapun bisa menatap dari Kejauhan gagahnya Puncak Mahameru yang terpampang jelas di sebelah timur. Namun, sejelas apapun terlihatnya Puncak Mahameru, yang terlihat paling jelas tetaplah Gunung arjuno dan Gunung Welirang.
Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas
Jalur Menuju Puncak Pawitra
Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas
Batu Icon Gunung Penanggungan
Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Trawas
Puncak Gunung Penanggungan
Gunung Penanggungan memang tidak memiliki ketinggian yang sangat tinggi. Namun keindahan yang ditawarkan pun tidak kalah dengan Gunung-Gunung tinggi yang ada di Jawa Timur. Jadi kapan kamu temenin aku kesini? #ehh :-D