Blog Tri Wahyuni

Tentang Tapak Kecil Pejalan Kehidupan..

Suka Belanja Online? Ini Dia Tips Aman Belanja Online.


Tips Aman Belanja Online

Hallo bray, ketemu sama Blog Tri Wahyuni lagi nih. BTW, Sudah pernah dengar istilah online shop belum? Pastinya sudah dong,, sebelum membahas Tips Aman Belanja Online, akan saya singgung sedikit tentang apa yang dimaksud dengan Online Shop. Singkatnya, menurut saya online shop itu adalah sebuah lapak yang menyediakan berbagai macam barang ataupun jasa, yang penerapan transaksi jual beli lapak tersebut memanfaatkan media online atau internet untuk memasarkan produk - produknya. Disini konsumen serta penjual tidak dapat bertatap muka secara langsung melainkan melakukan transaksi secara online baik melalui transfer dana ataupun COD (Cash On Delivery).
Nah, tidak dapat di pungkiri di jaman milenial yang serba gadget ini membuat online shop banyak di gandrungi oleh konsumen. Karena kemudahan, serta harga yang biasanya lebih murah membuat konsumen lebih memilihnya. Mungkin sudah tidak jarang lagi kita mendengar adanya penipuan online shop atau penipuan ketika berbelanja online. Bahkan mungkin saudara atau sahabat kita pernah mengalaminya. Dan pada akhirnya, mereka (korban) akan selalu menyalahkan penipu tersebut. Ya…. Memang mereka para penipu yang berkedok penjual itu 100% salah, namun ada baiknya kita menilai diri kita dulu. Bagaimana caranya? Kita refleksi diri kita dengan dua pertanyaan ini. Apakah kita sudah berhati – hati dalam berbelanja online? Apakah pengetahuan kita tentang keamanan berbelanja online sudah cukup? Selanjutnya, yuk mari kita simak beberapa Tips Aman Belanja Online :
  1. Tips Aman Belanja Online pertama yaitu Pilih Web Shop / Marketplace Terpercaya. Ini  merupakan situs penyedia barang online. Misalnya saya mencontohkan Bukalapak dan Tokopedia (Bukan Endorse). Nah apakah ini menjamin keamanan bertransaksi? Saya bisa katakana iya, karena di Tokopedia dan Bukalapak memakasi system rekening bersama (RekBer). Cara kerja Rekening Bersama adalah. Dalam transaksi, pembeli akan mengirimkan dana ke Tokopedia ataupun Bukalapak, setelah dana masuk ke rekening perusahaan tersebut, maka penjual akan di konfirmasi untuk mengirimkan barang ke pembeli. Jadi uang tidak langsung masuk ke penjual. Dan jika penjual tidak mengirimkan barang dalam batas waktu yang di tentukan, maka uang akan di kembalikan ke pembeli yang berupa saldo di akun bukalapak ataupun tokopedia. Tidak cukup disini saja. Namun pilihlah penjual dengan reputasi yang baik, reputasi yang baik merupakan tanda bahwa penjual tersebut sudah banyak melakukan transaksi penjualan sukses.
  2. Tips Aman Belanja Online kedua yaitu Cek Testimoni. Ini sangat penting untuk melihat reputasi penjual lewat jejaring social facebook maupun sosial media lainnya. Semakin banyak testimoni maka semakin baik reputasinya. Tentu jangan sampai testimony tersebut adalah testimony palsu. Cek keasliannya dan cek juga akunnya, apakah akun baru atau lama.
  3. Tips Aman Belanja Online ketiga yaitu Pertemanan / Pengikut / Follower. Ini penting juga, terkait dengan tips nomer 2. Tentunya jika testimony banyak, tetapi pertemanan / pengikut / follower facebook maupun Instagram sedikit atau terkesan akun baru. Maka kalian wajib waspada tentang hal itu.
  4. Tips Aman Belanja Online keempat yaitu Gunakan Rekening Bersama. Ini terkait penawaran online di luar web besar seperti tokopedia ataupun bukalapak. Gunakanlah jasa rekening bersama. Namun secara gampangnya, suruhlah penjual memposting dagangannya kea kun bukalapak ataupun tokopedia. Jika mereka tidak mau, lebih simpelnya carilah barang sesuai kebutuhan di marketplace terpercaya di Indonesia.
  5. Tips Aman Belanja Online kelima yaitu Jangan mudah tergiur dengan testimony. Banyak sekarang pelaku onlineshop yang menggunakan testimony palsu, kalian harus cermat dalam hal ini. Dan jangan terlalu berfikir memikirkan barang tersebut harus saya beli. Karena kita bisa saja menghiraukan dampak terburuk kedepannya.
  6. Tips Aman Belanja Online keenam yaitu Jangan mudah percaya dengan iming – iming harga miring atau murah. Secara,, mudahnya gini, apakah penjual rela menjual barang ataupun jasa jauh dari harga pasar? Apa mereka nggak rugi? Atau apa mereka ada niatan menipu? Gunakan fikiran jernih kalian untuk lebih memikirkannya sebagai bahan pertimbangan. Apa kalian mau memilih harga murah tetapi barang tidak datang, atau harga normal bahkan sedikit agak mahal tetapi barang mendarat sampai rumah dengan selamat?

Nah kesimpulannya adalah tetap berhati-hati dalam berbelanja online itu sangat penting, perhatikan pertimbangan-pertimbangan yang ada sebelum melakukan transaksi! Namun saran saya disini, yang paling aman adalah berbelanja di marketplace terpercaya seperti tips nomer 1. Karena disanapun tersedia  banyak macam macam barang yang bisa jadi itu sesuai kebutuhan kalian. Dan yang terpenting sudah menggunakan system transaksi yang aman juga. Tapi kalian juga harus cek reputasi masing – masing seller. Jangan hanya asal membeli. 
Ok bray, itu tadi Tips Aman Belanja Online yang bisa saya berikan. Jika ada yang kurang tepat menurut kalian ataupun  ada yang mau menambahkan silahkan tulis komentar kalian di kolom komentar.
(By: Nova R.)

Baca juga:

Tags:

2 komentar

avatar

Pilih Web Shop / Marketplace Terpercaya. --> Setuju. Kalau belinya lewat info akun instagram, harus yakin dia ini temannya temannya siapa dulu atau ada alamat jelas yang bisa dikunjungi.

Balas delete
avatar

Terima Kasih telah membagikan ilmu anda, Informasi yang
sangat berguna dan bermutu. mari kita saling kenal jauh
melalui jaringan website.

ditunggu kunjungannya di blog saya :

http://softkini.blogspot.co.id

semoga kita bisa saling berbagi ilmu yang tiada hentinya
mengalir dalam dunia ini. Terima Kasih

Balas delete



Emoticon