Selasa, 19 Desember 2017

Kedung Tumpang, Surga Mungil Kota Tulungagung Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Kota Tulungagung
Penampakan Wajah Si Cantik Kedung Tumpang
Kedung Tumpang – Kembali lagi dengan Blog Tri Wahyuni, setelah dua hari berturut-turut membahas perkara Suara Hati Perempuan dengan bahasan yang agak menegangkan, sekarang waktunya membahas salah satu tempat wisata yang instagramable di Tulungagung, biar lebih adem, heuheuheu. Kedung Tumpang, sepertinya saya  lebih suka memanggilnya dengan sebutan Kedung Tumpang saja, tanpa memakai pantai. Karena dilihat dari kenampakan luarnya Kedung Tumpang tidak memiliki pesisir dengan hamparan pasir yang luas seperti pantai pada umumnya. Jika tetap ada yang mengkategorikan kedung tumpang sebagai sebuah pantai, mungkin memang kedung Tumpang adalah salah satu Pantai Ajaib yang ada di Kabupaten Tulungagung. Kedung tumpang menjadi satu diantara banyak icont wisata di Tulungagung, terkenal sampai pelosok negeri dan mancanegara, sehingga membuat banyak wisatawan berbondong-bondong berkunjung kesana, baik dari wisatawan lokal, ataupun ada beberapa wisatawan asing juga yang menjamahnya. 

Bukan hanya rame dikunjungi oleh wisatawan, bahkan Kedung Tumpang ini masuk menjadi list wisata yang di explore oleh salah satu televisi nasional dalam acara My Trip My Adventure (MTMA). Seingat saya, pada saat itu sampai dua kali Tim MTMA datang ke Kedung Tumpang dan Mengeksplorenya. Padahal kalau boleh saya bilang, akses jalannya menuju kesana sangat sulit. Untuk bisa menjangkau kedung tumpang kita harus melewati perkebunan penduduk dengan jalan terjal dan penuh bebatuan. Belum lagi jika musim hujan tiba, bisa jadi kita tidak bisa pulang jika terlanjur terjebak disana (soalnya saya pernah mengalaminya, dan saya dengan teman saya tetap nekat menerjang derasnya hujan, meskipun jalanan licin dan sangat sulit dilewati montor karena bannya selip-selip terus di lumpur). Namun jangan khawatir, disana ada beberapa pemuda desa yang menjual jasa joki ketika kita terlanjur terjebak hujan. Pastinya kalau anak daerah asli sudah hafal dengan medan dan bisa melewatinya dengan lancar jaya.

Pada Tahun 2017 ini yang saya dengar, Kedung Tumpang sudah mengalami perubahan yang luar biasa. Pembangunan-pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah setempat sangat pesat, salah satunya akses jalan pun sudah merata. Jalan yang dulu bebatuan, sekarang sudah di bangun dengan baik meskipun belum di aspal. Jadi misalnya kita mau berkunjung kesana, kita tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra seperti sebelumnya. Untuk berkunjung ke tempat ini, tidak dikenakan biaya tiket masuk. Cuma membayar parkir sepeda montor 5000 rupiah/motor. Kurang saya sarankan bagi yang mau berkunjung ke Kedung Tumpang dengan menggunakan kendaraan roda empat. Karena akan menguras tenaga yang lebih ekstra lagi yaitu harus jalan lebih lama jika dibanding menggunakan kendaraan roda dua.


Kedung tumpang ini terletak  di desa Pucunglaban, Kecamatan Pucunglaban, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Untuk menuju lokasi Pantai Kedung Tumpang, kita bisa menempuhnya dengan cara mengambil arah dari Terminal Tulungagung jalan ke timur hingga melewati Kampus IAIN Tulungagung (Utara Jalan) dan terus jalan ke timur, sampai menemukan perempatan lampu merah lalu ambil arah ke kanan kemudian lurus terus mengikuti jalur utama. Jalan ini kemudian berkelok-kelok hingga kita sampai di desa Jabon Dusun Njeruk Kecamatan Kalidawir kemudian lurus terus sampai notok jalan akan ketemu pertigaan, sampai dipertigaan ambil arah ke kiri, tepatnya ke arah Pantai Molang. Jalan terus sampai ketemu pos, namun jika ingin mampir dulu ke Pantai Molang kita bisa ambil arah lurus tetapi jika ingin ke arah Pantai Kedung Tumpang kita ambil ke arah kanan. Jika nanti dalam perjalanan masih bingung, jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk atau menggunakan GPS.

Wisata Kota Tulungagung

Wisata Kota Tulungagung

Kedung tumpang dengan segala keunikannya akan membuat kita berdecak kagum sebagai penikmat alam. Bagaimana tidak, Pantai Ajaib ini menyuguhkan gugusan karang (laguna) yang membentuk sebuah kolam renang alami. Dengan warna air yang jernih, hijau kebiru-biruan, pasti tidak akan henti-hentinya kita memuji keindahan ciptaan Tuhan ini. Ditambah pemandangan hamparan laut lepas di sebelah selatan, semakin tercium kuat bau khas segarnya Lautan yang bakal bikin rindu para penikmat alam untuk berkunjung kesini.  Kedung Tumpang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, jadi tidak heran jika ombak yang datang terkadang besar dan menghantam gugusan karang dengan sangat gagahnya.  Yang perlu diperhatikan disini adalah kewaspadaan kita terhadap deburan ombaknya jika kita berniat mau berenang. Karena besar kecilnya ombak yang datang sulit diprediksi. Bukan Cuma menawarkan kolam renang saja yang menggoda hati, Kedung Tumpang juga bisa dijadikan spot foto yang instagramable sangat. Apalagi buat kalian yang hobi fotografi. Saya rekomendasikan untuk datang kesini, buat menambah hasil koleksi foto yang cetar membahana. Lagi, tak perlu khawatir kehausan atau kelaparan, karena di sana terdapat banyak warung yang menjual beraneka minuman dan snack.
Wisata Kota Tulungagung

Wisata Kota Tulungagung
Salah Satu Spot Foto Tambahan, 
Jadi tunggu apalagi untuk datang kesana? Keindahan aslinya berkali lipat dari apa yang saya jabarkan. Rekomended banget untuk mengisi liburan setelah lelah dengan kegiatan sehari-hari. Pesan saya dalam hal ini, yaitu dengan diberi keindahan alam yang luar biasa oleh Tuhan, sepatutnya kita sebagai penikmat sekaligus pecinta alam harus menjaganya. Hindarilah perbuatan vandalisme, corat coret kirim salam nggak perlu dan buanglah mantan sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh pengelola. Kekinian boleh, Norak jangan (!)

Sejauh apapun langkah kakimu pergi, jangan lupa bawa sampahmu kembali.!
Bagaimanapun juga alam pun ingin disayangi..
Supaya anak cucu kita bisa ikut menikmati..
Keep Traveling dan Mari Sayangi Lingkungan!

2 komentar

Wwowwwwww.... Perfect. Pandu saya kesana nnti Yaaa...


EmoticonEmoticon