Rabu, 29 November 2017

Wana Wisata Jurang Senggani

wana-wisata-jurang-senggani
Buper Magersari
Wisata Tulungagung Jurang Senggani - Hari itu tepatnya tanggal 25 nopember 2017 saya punya agenda dadakan yaitu camping ceria sama beberapa teman PGT (Pendaki Gunung Tulungagung) di suatu Tempat Wisata Tulungagung. Seperti biasa, menjelang keberangkatan - saya masih sibuk dengan aktivitas saya yang serba mbriutt, apalagi kalau bukan ngajar bimbel, yaaa walaupun ada beberapa murid yang saya lobi masuk hari Minggu, supaya waktu berangkat saya tidak terlalu kepepet. Ditambah lagi H-2 jam berangkat saya harus menuruti desakan kata hati untuk mentargetkan sebuah tulisan dalam Edisi Hari Guru Nasional 2017 . Singkat cerita, waktu itu saya berangkat bareng sama 2 cowok kece jaman now yang ngehits di kelurahan Tretek, hahaha. Kenapa berangkat bareng mereka, karena yang berangkat malem cuma mereka. Awalnya untuk  memulai melangkahkan kaki dari rumah sih saya deg-degan (bukan karna jatuh  cinta yes), ini karna awalnya saya belum izin bapak-mamak kalau mau camping, dan ditambah berangkatnya malem lagi. Tetapi dengan modal tampang melas supaya meyakinkan mereka dan sayapun sudah terlanjur packing (jurus andalan saya tiap kali mau keluar) akhirnya mereka mengizinkan dengan pesan yang begitu simple "ati-ati lo". Horeee, duhh senangnya dalam hati (udah kayak ketemu gebetan). Langsung saja saya cuz rumah mas toye yang ternyata mas sliping pun sudah nunggu disana.
wana-wisata-jurang-senggani
Kloter ketiga yang Berangkat malem
Nahh, Wisata Tulungagung yang menjadi sasaran lokasi camping kita kali ini adalah Wana Wisata Jurang Senggani, atau juga di kenal dengan Buper Magersari yang letaknya berada di Desa Nglurup Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Tempat ini menjadi salah satu andalan Wisata Tulungagung yang beberapa tahun ini mulai populer.Jurang Senggani itu sendiri sebenarnya merupakan suatu wisata berupa air terjun di tengah rimbunnya hutan. Sedangkan Buper Magersari adalah suatu lokasi bumi perkemahan yang dikelola sedemikian rupa dengan didukung tambahan fasilitas-fasilitas terbaik yang berupa spot untuk bersua foto, wahana outbond, ayunan beserta jungkat-jungkit dan fasilitas-fasilitas lain yang tujuannya itu adalah memberikan kenyaman pengunjung. 
Untuk menuju lokasi Wana Wisata Jurang Senggani ini, dari pusat kota kita memerlukan waktu sekitar 1 jam, lebih rincinya saya kemarin berangkat pukul 20.39 dari kota, sampai pertigaan Karangrejo sekitar pukul 21.05 dan sampai lokasi Buper Magersari Pukul 21.40. Akses jalannya pun sekarang sudah lumayan bagus, meskipun ada beberapa jalan yang masih berlubang dan dipenuhi genangan mantan ketika masih hujan gini, lalu bikin kita terjebak dan galau  karena harus menahan sakit terjerembab kedalamnya. hahaha.
Berikut adalah foto-foto fasilitas yang bisa di Nikmati oleh pengunjung dan rincian acara kita di Buper Magersari :
wana-wisata-jurang-senggani
Kenampakan Gazebo Luar Buper Magersari
wana-wisata-jurang-senggani
Parkir Dekat Gazebo
Seperti yang saya bilang diatas, malam itu kita sampai Buper Magersari sekitar pukul 21.40. Dengan ditemani gerimis tipis disepanjang jalan, namun tidak membasahi baju kita (piye iki critane, udan tapi ndak nelessi, sekti tenan rekkk, haha). Senangnya ketika melakukan perjalanan malam, penuh dengan ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk kendaraan roda dua maupun roda empat.
Untuk memasuki Buper Magersari ini, kita cukup mengeluarkan uang sebesar 5ribu rupiah per-montor, sedangkan untuk mobil sekitar 15ribu rupiah, yang akan ditarik di Post Penarikan gapura pertama Buper Magersari. Namun karna pada saat itu kita berangkat malam, Post penarikannya sudah sepi alias tidak ada yang menunggu. Di dekat post penarikan juga bakal kita temukan spot pertama yang dapat digunakan untuk bersua foto dan berbentuk  unik serta menunjukkan identitas penuh dengan tulisan besar Welcome to Wisata Jurang Senggani. Spot foto ini masih baru dibangun looo. Jadi bisa dibilang saya orang pertama yang mencobanya. Ehhhhh. 

wana-wisata-jurang-senggani
Spot Foto yang Pertama dan bukan satu-satunya

wana-wisata-jurang-senggani
Pos Penarikan karcis gapura pertama
Selesai bayar karcisnya, dan melewati post penarikan karcis, kita langsung bisa masuk ke area Buper Magersari. Tidak perlu khawatir memikirikan bagaimana parkir kendaraan kita, baik mobil maupun montor bisa diparkir di lokasi bagian dalam Buper tersebut karena area parkir di lokasi buper sudah tersedia luas.
Selain itu setelah sekian lama tidak menginjakkan kaki di Buper, ternyata Buper Magersari sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat, bagaimana tidak, rupanya sekarang sudah terdapat beberapa warung-warung makan yang berjejer di sepanjang jalan sebelah kanan dengan berbagai menu yang tersedia. Toilet-toilet yang bersihpun menjadi fasilitas tambahan yang  memudahkan pengunjung ketika kebelet mau buang air kecil maupun  buang air besar.
Memasuki lokasi buper, kita akan disambut oleh lahan luas yang menghijau, yang menjadi area camp ground andalan Buper Magersari. Disini, rekomended banget buat mengadakan event tertentu (aniversary komunitas, bakti sosial, camping ceria, DLL) jika mengharuskan para pesertanya membangun tenda dengan jumlah  yang lumayan banyak. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika akan mengadakan event disini, untuk lebih jelasnya bisa menghubungi pokdarwis/pengelola Buper magersari tersebut.


wana-wisata-jurang-senggani
Lokasi Berkemah bagian bawah
Lokasi berkemah bagian atas (Lokasi saya dan teman-teman)
Lokasi pindah makan dan pindah tidur kita
Relationship Goals Idolahhh, yang selalu mengurus makan teman-temannya
Lelah, Berkelana Tanpa Pengiring, Eaaakkkk :-D
Bukan hanya Area Camp Ground yang luas, Buper Magersari pun menawarkan fasilitas-fasilitas yang lain yang semakin mengiyakan tempat ini menjadi salah satu destinasi kita untuk berwisata ataupun camping ceria dengan keluarga. Untuk anak-anak misalnya, mereka bisa kita ajak main ayunan dan jungkat-jungkit yang disediakan cuma-cuma oleh pengelola. Dan ada juga wahana outbond, yang saya dengar untuk menjejal permainan itu harus mengeluarkan sedikit uang tambahan. iyaaaaa kaliii, masa semuanya minta gratis. Pipis aja bayar 2000 kok di toilet umum. hahahaa
Fasilitas tambahan gratis buat anak anak
Fasilitas yang mungkin perlu merogoh koceng tambahan, hehhee
Yang muda, tua, lansia tidak perlu iri dengan fasilitas anak-anak yang disediakan cuma-cuma itu oleh pengelola. Buat kalian yang update dan jadi miss ataupun mister sosialita bisa menikmati spot foto yang instagramable banget buat tambahan koleksi hasil ngebolang, ehh, gak kalah deh sama spot-spot  foto wisata buatan di kota-kota ngehits lainnya.  

Salah satunya ada spot yang berbentuk lope-lope dan seharusnya cocoknya itu digunakan berpose ala mesranya pasangan kekinian. hihihi. Kemudian ada lagi juga spot foto yang mendayagunakan payung yang digantung dan berjejer rapi naik keatas bukit yang lebih tinggi, dan bakal bikin koleksi foto kalian makin apik.

wana-wisata-jurang-senggani


Bukan Cuma itu doang, disana juga tersedia tulisan-tulisan yang jika dibaca bakal bikin mengocok perut kalian, sudah lucu bikin baper pula, uluh-uluh sungguh kreatif tingkat ilmu kebaperan yang bikin tulisan itu. Ada juga beberapa rumah pohon yang disediakan oleh pengelola  dan itu pun merupakan salah satu icon unggulan Buper Magersari. Dibawah ini ada beberapa kenampakan foto yang diambil oleh teman saya dari atas rumah pohon, cekidott:

Kalau aku harus lupain kamu, aku mau ke kelurahan dulu, bikin surat keterangan tidak mampu, kamu iya kamuuu...
Ketika JOMBLO berimaginasi.. (ojo dibully rek) :-D

Pesan saya sebagai subjek sekaligus penulis, jangan lupa kalau main ke Buper harap bawa pasangan yaaaaa, biar nggak baper kayak saya. Kalau kalian jomblo bisa rental pasangan dimana gitu kek, asal bukan rental pasangan orang (Jadilah jomblo elegan, mencari tanpa merusak yang lain, unch).


wana-wisata-jurang-senggani
Diambil dari atas rumah pohon
Nemu Bunga ini bahagianya luar biasa,.

Gimana, masih tidak tertarik untuk berkunjung kesini? Selain Tempat ini menyediakan spot spot foto yang instagramable banget, juga menyediakan wahana bermain anak yang bisa melatih keterampilan motorik mereka, menambah percaya dirinya untuk mengahadapi tantangan, dan mencoba sesuatu yang baru yang tidak ditemukan di aktivitas kesehariannya. Cuma bermodal 5ribu / 15ribu rupiah untuk masuk tempat ini lo. Rekomended banget buat yang punya rencana liburan bareng keluarga, lembaga sekolah/kantor, pacar, maupun teman-teman kalian. Ayooo ajak kesini untuk bermain, berfoto, dan berefleksi dengan alam !

Sejauh apapun langkah kakimu pergi, jangan lupa bawa sampahmu kembali.!
Bagaimanapun juga alam pun ingin disayangi..
Supaya anak cucu kita bisa ikut menikmati..
Keep Traveling dan Mari Sayangi Lingkungan!

2 komentar

Baru lihat aja udah seru apalagi bisa kesana,pastinya asik banget


EmoticonEmoticon