Kamis, 23 November 2017

Resep Brownies Kukus Sederhana Yang Bisa Dibikin Dadakan

resep-brownies-kukus-sederhana-yang-bisa-dibikin-dadakan
Brownies Kukus dadakan
Asal muasal cerita ini bermula dari kerempongan saya sebagai emak-emak pengasuh keponakan perempuan yang duduk di kelas 4 SD dan demennya dia diajakin masak-masak serta blusukan.
Nah, pas akhir pekan kemarin itu tanggal 19 Nopember 2017 saya ada agenda sinau bareng blogger Trenggalek dan Blogger Tulungagung yang diadakan  di Trenggalek Kota (pokoknya sana deh). Si kecil itu ceritanya agak rewel, soalnya dia harus di rumah sendirian karena bapak ibuk saya pun waktu itu lagi nggak di rumah. Dengan berbagai jurus andalan, saya rayu aja si kecil buat bikin brownies kukus sederhana plus dadakan yang kebetulan bahannya sudah tersedia di kulkas. Untuk mewujudkan niat yang misinya adalah sebuah rayuan itu kemudian saya selancar di internet mencari resep brownies kukus sederhana yang simple, bisa di bikin dadakan dan gak terlalu bikin rempong pokoknya. Settttttttt, Alhasil ketemu dengan sebuah link yang menyuguhkan resep brownies kukus sederhana dengan bahan yang kurang lebih hanya merogoh koceng 15ribu. Mata emak-emak mana yang nggak ijo lihat bahan resep brownies kukus yang bisa dibikin sendiri dengan modal yang luar biasa bersahabat dengan kantong lah yaa, hahahaa. 
Resep brownies kukus sederhana itu adalah sebagai berikut,,
Cekidotttt:
resep-brownies-kukus-sederhana-yang-bisa-dibikin-dadakan
Bahan yang dibutuhkan:
  • 2 butir telur ayam
  • 5 sendok makan tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
  • 2 sashet susu kental manis coklat 
  • 2 bungkus coklat bubuk, lebih disarankan pakai coklat bubuk chocolatos karena merk ini memiliki rasa manis yang pas
  • 5 sendok makan gula
  • 5 sendok makan minyak goreng
  • ¼ sendok backing powder
Selain bahan diatas, saya juga menambahkan beberapa topping supaya brownies kukus buatan saya dan si kecil ini lebih menarik, maksudnya biar rayuan maut saya itu lebih meyakinkan si kecil supaya berani di rumah sendiri, hehehee. Topping yang saya pakai itu terdiri dari:
  • Keju Cheddar (keju ini kudapan yang tidak pernah absen dari kulkas saya karena si kecil sangat menyukainya)
  • Selai Blueberry (Selai yang sudah bertahan sekitar 2 bulan di kulkas dan tidak habis-habis)
  • Selai Strowbery (Kebetulan, beberapa hari lalu si kecil minta dibelikan roti tawar sekaligus selai ini)
  • Mieses (Ini dibeli bareng beli selai strowberry dan roti tawar beberapa hari yang lalu)
  • Coklat batang (Nah, coklat batang ini sisa bikin kue kering waktu lebaran kemarin, jadi tinggal sangat sedikit dan rasanya agak tengik-tengik gitu, tapi masih layak konsumsi dan belum expired)
Topping brownisnya saya pakai itu, lalu cara bikinnya adalah:
  1. Pertama-tama, kocok telur bersama gula hingga mengembang. Tak perlu sampai telur berubah warna menjadi putih, cukup sampai gula pasir halus saja. (Dalam tahap ini saya menggunakan mixer dengan kecepatan sedang, sekalian untuk menyenangkan si kecil biar bisa belajar sambil bermain dengan mixer itu. Dan saya manfaatkan kesempatan dengan sesekali menanyai si kecil, mixer itu memanfaatkan energi apa menjadi apa nak? Spontan dia menjawab" energi listrik menjadi energi gerak". Sepertinya mendidik dengan cara hal ini bisa dilakukan oleh ibu-ibu muda yang lainnya, tidak ada yang salah dengan mengajari anak untuk terjun secara langsung melakukan sesuatu yang mengedukasi, selain membuat mereka senang, dengan melihat secara langsung akan membuat daya ingatnya lebih bisa bertahan lama) heheheee.
  2. Lalu tahap kedua tambahkan baking powder dan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk. 
  3. Di wadah lain campurkan coklat bubuk dan susu kental manis yang telah dicairkan dengan sedikit air air hangat, lalu aduk rata. Setelah tercampur, masukkan ke dalam adonan. 
  4. Masukkan minyak goreng ke dalam adonan dan aduk rata. Sambil panaskan panci diatas kompor (hal ini sangat perlu dilakukan, karena  ketika kita mengukus brownies jangan sampai air yang di panci itu belum mendidih, bisa tidak mengembang itu brownies luu)
  5. Setelah adonan tercampur rata, masukkan ke dalam loyang yang sudah di olessi mentega dan tepung (Cara ini dilakukan agar brownies tak lengket di cetakan) lalu kukus sampai matang (kalau saya sekitar kurleb 25 menit) jangan lupa pakai alarm biar tidak lupa, hahaha.
Yaaaa itu dia resep brownies kukus sederhana dari saya, yang juga saya lansir dari suatu web resep masakan dan saya kombinasi sendiri dengan berbagai topping kesukaan si kecil. Sangat mudah, murah dan praktiss kan? Monggo di praktekkan, resep ini recomended apalagi buat yang masih baru belajar bikin brownies, saya jamin anti gagal deh !

1 komentar so far

πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘enak


EmoticonEmoticon