Selasa, 21 November 2017

Belajar NgeBlog Berjamaah With Blogger Trenggalek Tulungagung

Belajar Ngeblog Berjamaah
Ada yang berbeda dengan akhir pekan saya minggu ketiga Nopember Rain tahun ini. Waktu santai yang biasanya saya habiskan bareng teman untuk blusukan kemana-mana, kali ini saya habiskan untuk sinau bareng para blogger Trenggalek Tulungagung. Duniaku tentang blog semakin lebih terbuka  ketika berkumpul bersama dengan para penggiat penggila Blog yang hobby berbagi di dunia maya ini. Namun yang perlu digaris bawahi disini, ketika kita memasuki dunia blogger, jangan atur mindset untuk menjadikan blog sebagai ajang mencari uang, karena bisa bikin sakit hati (kyk liat mantan jalan bareng pacar barunya, ihihih). Kita sangat perlu merubah mindset itu, dan kemudian menekankan pada diri kita sendiri bahwa tujuan membuat blog adalah “menulis”. Yaaa, anggap aja dapet uang dri blog itu adalah bonus lah yaaa. Yang terpenting kita ikhlas nulis gitu aja. Apalagi buat jomblowan-jomblowati seperti saya gini misalnya, kayaknya cocok deh punya blog pribadi buat berbagi cerita ocehan keseharian. Itung-ituung biar ada yang menampung aspirasi dan keluhan-keluhan yang kita temukan, teman curhat lah istilahnya. Hahahaha.
Dari pertemuan dengan para blogger kemarin, banyak ilmu nih yang saya dapatkan, apalagi  buat saya yang bisa dikatakan masih newbie bie bie buangetttttttt soal blog. Mayoritas acara kemarin dihadiri oleh mastah mastah yang sudah punya blog keren dan jam terbangnya tinggi (tulisan berkualitas pun traffic yang amazing). Mereka semua baik-baik banget meskipun gelarnya sudah mastah, nggak ada yang pelit untuk membagi ilmunya. Dan diantara 21 peserta yang hadir, hanya terdapat tiga blogger cewek yang saya sendiri salah satunya. Berarti bisa dibilang masih sedikit langka ya kaum hawa yang mau terjun dalam dunia pebloggeran, atau mungkin banyak juga wanita yang menjadi blogger tetapi tidak tau dengan acara sinau bareng ini sehingga kaum hawa yang hadir hanya tiga ekor aje.
Judulnya cantik-cantik Blogger :-D
Apa sih yang terpenting ketika kita sudah memutuskan untuk mempunyai blog. Yang terpenting adalah keistiqomahan kita buat menulis. Nah, hal ini yang terkadang menjadi musuh terbesar buat para pemula seperti saya ini, ditambah dengan kesibukan hari-hari yang super nggelibet jadi emak-emak rempong. Ternyata bukan hanya buat pemula saja penyakit malas menulis ini menyerang, namun buat yang sudah bergelar mastah pun bisa jadi terserang penyakit naluriah ini :-D. Jadi penting banget mengistiqomahkan menulis menjadi kegiatan tambahan di sela-sela kesibukan kita. Cara ampuh yang bisa mengatasi penyakit malas menulis itu kata para mastah kemarin adalah mentargetkan satu hasil yang harus dijalani secara konsisten, misalnya dalam waktu seminggu harus menghasilkankan 3 artikel, atau menulis sedikitnya 500 kata, dan setiap pukul 10.00 kita memposting tulisan kita. Dari ketiga tips yang disebutkan oleh pak mastah tersebut yang paling berat versi saya pribadi adalah harus menulis minimal 500 kata, boro-boro dapat 500 kata, dapat 300 kata aja terkadang yang dibahas sudah ngelantur ngalor-ngidul nggak jelas. Hahahaa. Namun saya penasaran, hal itu justru menjadi tantangan tersendiri buat saya, maklumlah saya termasuk satu dari banyak orang di dunia ini yang menyukai tantangan, meskipun tantangan itu sangat dipaksakan dan bertentangan dengan kebiasaan kita, hihi termasuk tantangan untuk mendapatkanmu eeeaakkk.
Rupanya, menulis itu suatu hal yang sangat menyenangkan looo.! Sedikitnya kita bisa menuangkan pemikiran-pemikiran kita lewat coretan yang nantinya bisa kita wariskan kepada anak-cucu kita. Itu yaa salah satu harapan saya yang paling sederhana dari kegiatan menulis ini. Dengan coretan-coretan yang kita tuliskanpun akan membantu mempertajam daya ingat kita tentang suatu sejarah (sejarah bersama mantan misalnya) mantan mulu, mope on nak :-D.
Sudah-sudah, ini bahasan kenapa jadi ngelantur nggak jelas gini (efek mentargetkan 500 kata). Tapi intinya sinau bareng blogger Trenggalek Tulungagung ini sangat mengesankan, selain bisa mendapat ilmu gratis, kitapun bisa bersilaturahim dengan orang-orang baru (mayan dapat banyak kenalan) dan harapan saya selanjutnya semoga pertemuan yang pertama ini menjadi awal untuk memulai pertemuan-pertemuan yang kedua ketiga dan seterusnya, biar semakin luas pengetahuan kita di dunia blog bersama para mastah dan newbie yang keren-keren.
Ini dia List link para Mastah dan Newbie yang super kece itu:
www.mastrigus.com
www.sanggurubloger.blogspot.com
www.nawacerita.com
www.jejaknoe.net
www.ngglenyinger.blogspot. com
www.kangajar.blogspot.com
www.Njatmikoputra.blogspot.com
www.salwangeblog.blogspot.com
www.zamzamplm.blogspot.com
www.ibnuwajak.id
www.iptekbahari.blogspot.com
www.mykopper.blogspot.com
www.rofikgo.blogspot.com
www.kembarvirgo.blogspot.com
www.kangizza.blogspot.com
www.diaryofaufa.blogspot.com
www.jejakexploretrenggalek.blogspot.co.id

10 komentar

Wah keren nih, tetap semangat ya kak

Bagus mbak tulisannya, btw dimana to ajang kumpul-kumpul kaya gitu sepertinya seru?
Saya sendiri sebagai wong nggalek sudah lama ngeblog, dan sekarang condong untuk memonetize traffic yang ada bukan sekedar menulis... Oh iya, salam kenal ya mbak jangan lupa main-main juga ke blog saya meski bukan blog pribadi :D

Itu kemarin di kantor PAMA depan gereja apa gitu mas, sya lupa.. soalnya sya baru gabung jga disitu, skaligus blogger newbiee dan di bimbing oleh mas trigus kmarin, orang t.galek jga kayaknya.. iya salam kenal kembali..

wah cwe.nya masih minoritas ya hehehe, tetap semangat nulis.btw saya sedang nyri teman ngeblog se-area buat sharing2. boleh dong dikabari kalau ada kegiatan keren spt ini. salam kenal dr blogger bandunh (t.agung) --ombonejagad(dot)com

kalau ada acara lagi boleh dunk saya di undang, biar tambah2 ilmu

Walah... gara-gara vakum sekian tahun dari pembloggeran jadi ketinggalan inpo. Pengen banget bisa kopdar begini di wilayah Tulungagung. Lama kian mencari dari dulu pengen ketemu, kumpul bareng, belajar lagi dari mastah-mastah Tulungagung.

ini inpo aku dapatnya juga dadakan kak. hehe.. semoga aja ya di Tulungagung ada kopdar para blogger gitu, biar bisa tambah ilmu. hehe


EmoticonEmoticon