Sabtu, 29 April 2017

Pantai Sioro (Cantiknya Pantai Kecil Tulungagung Selatan)

Pantai Sioro dengan Keindahannya
Hay gaes, kali ini aku akan menceritakan kisah perjalananku beberapa bulan yang lalu. Meskipun perjalanannya sudah berlangsung lama, tetapi nggak apa-apa sih baru aku jadikan bahan tulisan sekarang. Soalnya mau nulis terhambat sama kesibukan yang super duper nggelibet. Nih ceritanya adalah aku and The Gengs aku (Fuad & Nova) melakukan perjalanan yang dibilang cukup berani dan nekat. Kenapa begitu? Karena destinasi pikinik kita kali ini adalah Pantai Sioro, pantai yang berada dibalik Perbukitan dan aku lebih suka menyebutnya dengan istilah Gunung Cilik. Kok bisa aku bilang dibalik gunung cilik, ya karena untuk sampai pada pantai tersebut harus melewati pegunungan yang lumayan panjang, curam, licin, dan mendebarkan (seperti pas lihat kamu) hahaha. Maklumlah sehari sebelum tepat kita memulai perjalanan daerah itu diguyur hujan, jadi masih membekas sisa-sisa genangan mantan sampai membuat akses jalannya itu licin. Karena seperti yang aku jelaskan tadi, kita menyusuri pegunungan lewati lembah :D, bisa dibayangkan sendiri bagaimana akses jalannya, yang pasti masih alami dari tanah meskipun ada beberapa jalan yang sudah dibangun (di cor semen). Pantai Sioro ini terletak di Desa Ngrejo kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung. Untuk sampai pantai ini aku and the gengs kira-kira membutuhkan waktu 1,5jam. Kita COD ketemu di depan SMAN 1 Campurdarat. Meskipun jarak tempuh perjalanan bisa dibilang lama, tetapi itu tidak menjadikan kita banyak mengeluh. Karena di sepanjang jalan kita akan disuguhi dengan pepohonan yang hijau-hijau, walaupun kebanyakan pepohonan itu sebatas pepohonan tanaman perkebunan penduduk. Sedikit cukuplah untuk mengobati lapar mata akan pemandangan alam.
Perjuangan menempuh akses jalannya

Sampai dibela-belain montornya selip sama tanah yang masih basah..
Keindahan yang ditawarkan di perjalanan.
Sekitar 1,5 jam dari SMAN 1 Campurdarat itu tadi kita sampai pada lokasi. Waktu kemarin aku and The Gengs kesana belum ada lokasi khusus untuk parkir, dan sama sekali tidak ada orang berjualan. Karena akses jalan menuju lokasi yang lumayan sulit mungkin membuat Pantai ini jarang atau belum terjamah oleh manusia (tapi nggak tau kalau sekarang). Pantai ini memiliki keeksotisan yang begitu menawan, karena air lautnya terlihat sangat biru, pasirnya putih bersih (menjadi salah satu pantai di Tulungagung yang berpasir putih). Pantai ini tidak memiliki kelebaran pesisir yang begitu lebar jika dibanding Pantai-Pantai terkenal di Tulungagung. Lumayanlah buat kalian yang suka bertualang menyusuri lembah sekaligus menikmati kenyamanan menghirup udara segar pantai, Recomended banget pantai ini buat kalian. Tetapi jangan lupa bawa bekal yang cukup dan prediksikan tidak akan turun hujan ketika kalian berada disana. Soalnya itu tadi, jalan yang kita tempuh adalah Gunung Cilik / Perbukitan, dan jika kita terjebak hujan kita akan kesulitan pulang, kecuali jika kalian kesana trakking dan kendaraannya dititipkan di pemukiman penduduk (tetapi jauh banget kalau harus trakking dari pemukiman). Namun jika kita terpaksa terjebak hujan, disana  ada beberapa penduduk yang menawarkan jasa ojek (salah satu teman aku pernah menggunakan jasa ojek itu).
Selain pantai dengan pasir yang putih bersih, di pantai ini terdapat tebing yang menonjol di sebelah kanan dan kiri (jika kita menghadap laut lepas), aku and the gengs sebenarnya mau menyempatkan menyambangi tebingnya, tetapi cuaca waktu itu tidak bisa diajak kompromi, tiba-tiba awan hitam bergeser dilangit tepat diatas kita. Ada yang unik dari pantai ini yaitu sebuah batu yang mirip pulau kecil dan berada di tengah pantai. Bisa jadi batu di tengah-tengah pantai ini menjadi simbol atau ciri khas dari pantai sioro.
Jangan lupa bawa bekal dan makan siang, karena untuk sampai tempat ini butuh tenaga, hahaa
Mediasi sebentar, menghilangkan kesuntukan..


Sioro dari sisi kanan..
Sioro dari sisi kiri..
Sioro dari Tengah..
Aku and The Gengs (Fuad & Nova)
Pokoknya bagi kalian yang ingin berlibur dan menenangkan diri, aku sarankan untuk mengunjungi pantai ini, asal siapkan bekal, mental, fisik, dan kendaraan yang sehat. Dan tambah lagi beban hidupnya jangan dibawa, nanti malah bikin tambah berat perjalanan, hahahhaa *just kidd*
Perjalanan pulang kita..
Penampakan Full Pantai, tidak terlalu luas tapi bikin puas :D


EmoticonEmoticon